10 CARA KE LUAR NEGERI

posted in: Uncategorized | 6

Di Jaman sekarang ini, belum afdol dan kekinian kalau belum jalan ke luar negeri. Orang – orang di Indonesia sekarang, mulai sadar akan pentingnya mengenal tempat wisata di luar negeri. Bahkan sampai jatuh cinta dengan beberapa kota di dunia.

Ya, traveling memang menambah wawasan kita tentang artinya kehidupan. Cara sudut pandang dan pola pikirpun juga menjadi terbuka. Bukan yang terlalu serius banget. Tapi, kadang, kita yang sebagai pemula, masih ragu dan bimbang untuk memulai menjejakkan kaki di negara lain. Ragu karena rasa takut yang berlebih, seperti

Gimana bahasanya disana ? Ntar mau kemana aja ? Tersesat nggak ya ?

Hal yang seperti itu, sebenernya dialami oleh semua pemula yang akan menjejakan kakinya di tanah orang. Sama seperti saya dahulu, ketika mencoba pertama kali ke negara gajah putih, Thailand. Biasanya, orang pertama kali merasakannya Singapura atau Malaysia. Kalau saya kebalikannya. Suka, duka, tawa, resah jadi satu. Namanya juga pemula, bukan ?

nah, disini, saya akan membagikan info dan tips buat kalian yang ingin atau berencana ke luar negeri untuk pertama kalinya. Info ini, saya jelaskan tentang apa saja yang harus dilakukan untuk ke luar negeri.

  1. NIAT

Kenapa saya tulis Niat di awal ? Ini kan nggak butuh untuk ditulis, kenapa dicantumin ? Yap! Kalau menurut saya, ini adalah hal yang paling penting dan paling utama dalam melakukan semua hal, termasuk traveling.

Kenapa penting ? karena, kalau tidak ada niat yang serius ujung – ujungnya, malah batal. Serius. inilah hal pertama kali yang harus kalian siapkan sebelum melakukan persiapan yang lainnya. Setelah niat terkumpul, barulah kalian bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

  1. PASPOR

Dokumen wajib yang harus kalian punya saat ke luar negeri adalah Paspor. Paspor disini ibaratnya seperti KTP kalian saat di luar negeri. Harus asli dan tidak boleh expired. Kalian bisa mendatkan paspor di kantor Imigrasi daerah masing – masing. Masa berlaku paspor disini adalah 5 tahun.

Tapi, ketika kamu harus menggunakan paspor, minimal 5 bulan sebelum tanggal expired, kalian harus segera memperbaruinya kembali. Jadi, misalkan tanggal expired di paspor kamu tertulis 23 Desember 2020, di bulan Juli atau Agustus 2020, kalian harus memperbarui paspor di kantor Imigrasi. Ngapain harus diperbarui ? kan masih lama expirednya. Ini buat berjaga – jaga supaya tidak ditolak oleh pihak Imigrasi di luar negeri. Nggak mau dong yaa, udah sampai negara orang, eh.. di deportase gara – gara paspor mendekati expired. Sayang biaya bukan ?

  1. TIKET PESAWAT

Kalau paspor sudah punya, sebaiknya, cepat – cepat memantau aplikasi tiket pesawat penerbangan untuk mengetahui harga yang paling murah di rute yang kalian inginkan. Berlanggananlah News Later yang akan diberikan via email untuk menginformasikan diskon maskapai kepada kalian.

Minimal, 6 bulan sebelumnya, kalian harus sudah gencar mencari – cari. Atau 3 bulan sebelumnya. Bahkan, kalau ada promo tiket pesawat, sebaiknya cepat – cepat kalian ambil. Kenapa ? karena, kalau promo, cepet habis ludes tiket pesawat promonya cuma dalam hitungan 2 jam. Kok bisa ? karena harga dipatok sudah paling rendah. Nggak usah mikir dua kali kalau lagi ada promo murah. Kapan lagi, jalan – jalan ke luar negeri dengan biaya murah ?

  1. PENGINAPAN

Sebenarnya untuk penginapan ini relatif. Karena ada yang mau tidur di capsule, dorm (asrama), hostel, hotel, apartemen atau bahkan rumah penduduk. Tergantung kalian suka yang tipe apa.

Kalau rame – rame sama temen, saya sarankan di capsule, dorm atau hostel yang satu kamar bisa untuk minimal 4-12 orang. Biasanya, mereka yang cuma butuh ruangan untuk merebahkan diri atau sekadar mandi. Kalau mau yang di layani secara eksklusif, disiapin segala hal, pilih hotel yang berbintang 3+ keatas. Yang lebih menantang sebenernya rumah penduduk, menurut saya, karena di rumah penduduk, kalian akan merasakan rasanya menjadi warga negara di situ. Atmosfirnya, kerasa.

Jadi, untuk pilihan penginapan sebenarnya relatif. Kalian bisa memilih sesuai bujet dan kenyaman yang kalian ingin.

  1. ITINERARY

Tanpa itinerary, semua akan berantakan. Percaya deh. Saya pernah yang awal tujuannya ke daerah A, berubah haluan ke daerah B, ternyata karena di daerah A sedang ada perbaikan. Nggak enaknya, ekspektasi kita sebelumnya merasakan tempat di daerah A jadi berubah. Senengnya, kita dapet pengalaman baru di daerah B yang jarang sekali turis bisa menjamahnya.

Nah, tipsnya, sebaiknya sebelum berangkat, rajin – rajin browsing aja lokasi yang ingin kalian kunjungi. Ada perbaikankah atau ada penutupan. Supaya nggak sia – sia pas udah sampai lokasi.

  1. TRANSPORT

Ini yang paling penting. Kalian kalau traveling mandiri alias backpacker alias sendiri tanpa guide, pastinya, transportasi umum selama di sana adalah hal yang paling penting. Harus rajin – rajin gali informasi menggunakan transportasi umum apa untuk bisa ke suatu daerah. Nggak mungkin kan, kita bisa sampai suatu daerah secara tiba – tiba ?

Kita harus tau kalau dari daerah A ke daerah B naik apa aja, jam transportnya apa aja, harus kalian catat, karena di luar negeri itu, semua on time. Jadi, jangan sampai molor. Telat 5 detik aja bye bye! Kalau kalian pengin naik taksi, siapkan uang untuk harga taksi yang bisa dua kali lipat harganya.

  1. CLOTH

Ini penting banget. Kenapa ? jaman sekarang, nggak mungkin kalau lagi jalan – jalan nggak di pamerin di media sosial atau di grup whatssap. Jadi, perlu di rencanain yang matang. Biar nggak saltum (salah kostum).

Jangan sampai, pas lagi di negara yang 4 musim, kalian cuma bawa kaos polos lengan pendek sama hotpans. Begitu juga kalau di negara tropis, malah bawa baju tebal. Harus pinter – pinter gali informasi negara yang dikunjungi pas lagi musim apa. Nggak mau juga kan, harus keluar bujet banyak demi beli baju gara – gara salah kostum di negara orang. Yang ada, malah nggak jadi belanja oleh – oleh.

  1. BEKAL

Ini biasanya Saya bawa bekal dari Indonesia dengan alasan pengen hemat pas sarapan atau kelaparan sehabis malam hari pulang dari jalan – jalan. Yang saya bawa biasanya mie, abon sama bubuk cabe. Ada juga yang merasa “belum kenyang kalau belum makan nasi”, akhirnya bawa bekal nasi dan alat penanak nasi, repot bukan ? tapi, tergantung kalian mau pilih yang mana, senyamannya aja.

  1. SEPATU

Penting nggak penting sebenarnya ini. Untuk memasuki kawasan Imigrasi, sebaiknya kalian memakai sepatu yang menunjang penampilan. Karena kalian akan memasuki negara orang. Beri kesan pertama terlebih dahulu. Jangan sampai, kalian memakai sandal, ya. Kesan sandal di negara orang itu terlihat santai. Berusahalah menjaga diri kalian dengan menampilkan kesan pertama yang rapi dan sopan. Ingat, kalian itu identitas negara kita. Bawa diri kita seolah bawa nama baik negara kalian.

  1. KEDUBES

Sebenernya, ini tips yang tidak terlalu penting, tapi lumayan membantu. Simpan baik – baik alamat kedubes Indonesia di negara yang akan kalian tuju. Ini bermanfaat sekali, jika kita mengalami musibah yang tidak kita duga. Seperti kecopetan dan dokumen penting seperti paspor harus diurus. Tujuan utama kita saat terjadi musibah adalah menuju ke alamat kedubes. Disana, kalian akan dibantu dengan sebaik – baiknya.

Itu dia tips yang saya berikan untuk persiapan jalan – jalan ke luar negeri. Sekarang, balik lagi ke kalian, kalian mau pilih yang mana. Karena traveling itu harus di sesuain sama kondisi kalian pribadi. Di sesuaikan dari segi kondisi fisik, kondisi kantong dompet dan kondisi lokasi yang akan dituju.

Nggak bisa dipaksa sama antara satu orang dengan yang lainnya. Daripada ngomel di belakang, lebih baik dibicarakan satu persatu, biar jelas. Jangan menyalahkan partner traveling kalau sudah sampai di negara orang. Kalian harus bisa menjaga diri sendiri, meskipun itu bersama pasangan. Saling menjaga satu sama yang lain kalau kalian jalan dengan sekelompok teman. Saling mengingatkan jika ada yang lalai. Jaga sopan santun, karena sekali kita mencoreng nama kita sendiri, sama saja kita akan mencoreng nama negara kita. Jangan mudah percaya dengan orang lain yang menitipkan barang ke kita. Jika mengalami kesulitan, tanyakan kepada orang yang menurut feeling kalian bisa membantu, tidak menyesatkan.

Be careful, be smart and be save, guys!

Happy traveling.

 

Baca juga : Cuma lewat di depan SEA CIRCUS BALI

6 Responses

  1. Tuty Saca

    Kalau menurutku jalan – jalan ke luar negri itu penting buat membuka wawasan kita akan dunia luar. Alhamdulillah aku dapaet kesempatan tak hanya jalan – jalan tapi juga ngerasain tinggal di luar negri selama setahun dan pengalaman itu benar – benar membuka mata aku dan suami

  2. Fanny F Nila

    Yg niat aku setujuuuu banget. Aku rutin traveling, stiap tahun, minimal 2x. Sekali ama suami berdua aja, sekali lagi ngajakin anak2. Banyak yg nanya, kok bisa sih jalan2 trs. Kerja di mana, gaji nya banyak ya bisa ke LN trus dll.. Dan jwaban yg aku ksh slalu sama, “menabunglah dek. Uang ga jatuh dari langit :p”

    Ada jg yg nanya, uangnya udh kekumpul, tp pas melihat banyak, kok sayang ya mba mau dipake. Aku jwb, “berarti niat mu ga kuat utk jalan2. Percuma aja ngumpulin duit”

    Makanya NIAT itu paling utama deh. Kalo niat udh kenceng, pasti jd semangat utk ngumpulin uangnya dan mempersiapkan detil2 yg lain

Leave a Reply