PERBEDAAN ANTARA BLOGSPOT WORDPRESS

posted in: BLOGGING, Uncategorized | 45

Perbedaan antara blogspot wordpress sebagai platform menulis itu sudah banyak banget diperbincangkan bertahun – tahun yang lalu. Jauh sebelum saya mengenal mantan terindah. Eheeemm. Saya kenalan sama platform blog berawal dari stalking di Google, stalking di komen dan berakhir dengan pemikiran yang dangkal waktu itu. Must have a blog! Whatever tulisannya isinya apa, yang penting punya blog.

Sewaktu saya memulai ngeblog, emang bener – bener nggak tahu platform yang harus saya pakai itu apa. Kalau di ingat – ingat, dulu, si raja blogspot masih merajai puncak kejayaannya sebelum di akuisisi sama Google. That’s right ? Itupun saya memakai platform blogspot karena panutanku dulu pakainya blogspot. Jadinya ya ikut – ikutan. Kalau sekarang, sepertinya blogspot mulai banyak pesaing – pesaing baru yang muncul.

Sambil belajar otak atik buat tema, buat simbol yang bisa kelap kelip atau image yang bisa gerak, atau bikin tulisan lucu, apapun saya pelajari secara otodidak dipandu eyang kesayangan Google. Tapi, setiap weekend, saya pasti sempetin buat baca buku di toko Gramedia (bukan iklan ini, suer) tentang panduan pembuatan css, java, html dan website. Everyday intinya belajar ngeblog.

Sampai akhirnya, blogspot saya yang buat belajar itu mati. Padahal udah banyak isinya, huhuhu. Akhirnya, saya bangkit lagi buat bikin blogspot baru. Herannya, meskipun udah nggak pernah pegang blogspot bertaun – taun, pas bikin baru lagi, langsung bisa gercep. Wow! Agak kaget juga. Coba kalau suruh ngulang rumus senyawa kimia satu aja, pasti lupa! Haha.

Setelah mahir blogspot (nggak mahir – mahir juga, tapi setidaknya paham yang penting – penting), saya mulai melirik wordpress nih. Gara – gara saya lihat iklan wordpress di youtube yang pake slogan “bangun bisnis anda sendiri menggunakan website terpercaya”. Dalem banget rasanya. Akhirnya, saya putuskan juga buat beli domain dan hosting buat wordpress. Nggak pake mikir lagi. Asal beli. Kalau ditanya menguras kantong apa nggak, jawabannya pasti menguras kantong. Tapi menurut saya nggak masalah. Toh kan niat saya buat belajar.

Setelah beli domain dan hosting wordpress, saya mulai belajar. Otak atik sana sini sampai sebulan lebih. Itu cuma buat tampilan wordpress lebih kinclong. Hahaha. Belum kode – kode yang bagi saya newbie terasa membingungkan diawal. Banyak waktu yang terbuang ? nggak masalah. Nanti kalau saya udah mahir mengoperasikan wordpress juga easy banget. Nggak ngerasa “buang duit dan buang waktu”.

Memang  diawal, belajar wordpress itu susah. Pake banget. Hahaha. Karena tampilannya yang berbeda banget sama tampilan blogspot. Tapi, seiring waktu berjalan, makin gampang aja menggunakan platform wordpress. Tinggal klik sana dan klik sini. Beres!

Tapi, dari pengalaman saya yang pernah pakai blogspot sama self hosting wordpress, ngerasa banget ada perbedaanya. Coba kita cek.

blogspot wordpress

pixaby

Perbedaan antara Blogspot WordPress

  1. Pemilik

Platform wordpress sendiri dimiliki oleh Matt dan Mike Little.

Platform blogspot sendiri diakuisisi oleh Google tahun 2003 dari kepemilikannya Pyra Lab.

  1. Domain

Domain untuk Platform wordpress self hosting harus membeli. Tergantung dengan hosting yang kita percaya untuk menyediakan layanan domain.

Domain blogspot disediakan secara gratis dan berbayar. Namun, jika memilih gratis, nama domain di belakang akan di sematkan blogspot. Seperti contoh domain milik saya terdahulu www(dot)lyamalia.blogspot(dot)com. Jika ingin berbayar, kalian harus membeli domain dari layanan hosting yang terpercaya. Namun, sesuaikan dengan kondisi keuangan kalian juga.

  1. Penyimpanan

Penyimpanan yang disediakan oleh blogspot sendiri menyediakan ruang 15Gb.

Untuk self hosting wordpress, penyimpanannya tergantung dari hosting yang menawarkan layanannya.

  1. Template

Untuk template blogspot dan wordpress self hosting sama – sama memiliki template yang gratis dan berbayar. Tinggal sesuaikan selera kita.

  1. Plugin

Untuk plugin, jagonya ada di platform wordpress. WordPress memiliki banyak plugin yang tersedia untuk meningkatkan kinerja website kita. Baik secara gratis atau premium. Sedangkan untuk Blogspot tidak memiliki plugin.

  1. Iklan

Untuk pemasangan iklan, wordpress bebas memasang iklan dari mana saja. Sedangkan untuk blogspot hanya terintegrasi pada Adsense.

  1. Keamanan

Platform wordpress self hosting, terbilang memiliki tingkat keamanan yang baik karena script selalu diperbaharui secara berkala dan harus rajin untuk memback up data kita sendiri.

Keuntungan menggunakan platform blogspot soal keamanan tidak diragukan lagi. karena milik Google. Tidak repot juga untuk mengurus backup data dan pengelolaan koneksi. Tapi, kalau kalian lalai dalam penggunaan blogspot alias melanggar kebijakan yang disediakan oleh Google (seperti melakukan spamming semisalnya) blogspot kalian bisa saja dihapus oleh Google tanpa sepengetahuan kalian.

Itu beberapa hal yang saya rasakan setelah menggunakan platform blogspot dan wordpress self hosting. Sebagai seorang personal blogger kalau ditanya secara pribadi, saya lebih suka blogspot untuk pengaturan templatenya. Bisa saya otak atik sesuai keinginan saya sendiri dengan template gratis yang bisa diunduh dengan mudahnya. Hehe.

Kalau untuk platform wordpress self hosting sendiri, lebih seneng sama optimasi plugin lebih tepatnya. Karena plugin yang disediakan wordpress self hosting sangat membantu tanpa perlu repot – repot edit html.

Kalau kalian pribadi, sudah coba salah satu platform diatas ? Kalau sudah, lebih seneng pilih blogspot atau wordpress ?

45 Responses

  1. Strategi Online

    Mba Lya, kalau saya sendiri sudah kadung merasa enjoy pakai blogspot dengan berbagai alasan, antara lain:

    1. Blogspot memudahkan saya untuk beternak blog, sehingga memungkinkan saya untuk memiliki blog dengan aneka niche
    2. Blogger(dot)com sungguh baik hati, sehingga saya bisa leluasa mengubah blogspot menjadi TLD
    3. Dasbor Blogger sangat mudah digunakan meskipun saya Blogger Pemula, he he
    4. Hemat biaya, karena hanya mengeluarkan untuk beli Top Level Domain
    5. Gratis selamanya untuk blog yang masih pakai sub domain blogspot, sehingga tidak bikin pusing

    Walau demikian, saya juga pernah menggunakan wordpress,,hmmm baru bisa bertahan 1 tahun. he he

    • Lya Amalia

      wah udah sampai ternak blog, mantap deh mas. kalau saya belum. masih takut. ahahaha. wp emang berat diongkos yaa 🙂

  2. Anggi

    WP lah.
    Menguras kantong? 300rb-an per tahun gitu loh. Sekali kencan sama mantan pacar aja segitu biayanya. Ini setaun, bagi aja 365 hari. Pake google adsense juga ketutup biaya hosting and domainnya.

    WP juga bisa dikutak-katik koq, coba aja pake child theme.

    Klo masih mau belajar bikin website dari nol, tengok Odin Project, belajarnya gratis.

  3. Luana Yunaneva

    Sebenarnya ini pertanyaan saya sejak awal mau pasang domain sendiri, huhuhu
    Hingga akhirnya pake wordpress, meski sebenernya agak susah, hehehe

  4. Antung apriana

    Aku awalnya pakai wordpress trus sekarang pindah ke blogspot. Alasannya karena kehabisan kapasitas sih. Heu. Aslinya suka banget sama wordpress karena dashboard-nya yang user friendly. Kalau blogspot meski punya google kok untuk aplikasinya payah banget. Heu

  5. Dewi Adikara

    Saya pakai WP dan terus belajar, Thema itu ga selalu support ya kalau dipasang? Saya agak bingung kadang setelah di posting teks terpotong di tampilan itu kenapa ya mbak? Salam kenal, makasi infonya kak..

  6. Helena

    Saya punya keduanya. Masing-masing punya kelebihan sih. Yang penting rajin diisi aja, jangan sampai lumutan. *Oops!

  7. Blog Sabda

    saya aja baru tau kalau blogspot itu punya kapasitas 15 GB mbak, hahah, kira2 muat berapa artikel itu ya XD

    harus ancang2 nih mana tau suatu saat penuh.

    Saya punya hosting, beli hosting 500 MB, sekitar ratusan ribu pertahun. Dari hosting ini saya bisa install WP, kuota 500 MB itu kan kecil ya kan mbak, niatnya buat belajar wp sih,

  8. Aswinda Utari

    Saya disaranin suami pakai WP krn it yg dia kuasai. Krn sy gaptek ya manggut2 aja. Haha. Semakin kesini saya merasa sendirian menggunakan wp krn rata2 tmn sy pake blog spot. Mrk blg wp mahal di hosting. Kt sy klo mahal pakai promo hosting di sharesystem aja (malah ngiklan) haha. Tapi bener, semakin kesini saya semakin senang krn plugin WP ga ada di blogspot. Wp bs detect broken link dan bs optomalisasi SEO lbh dibanding blogspot. Nice artikel mba. Salam kenal ya.. 🙂

  9. Rotun DF

    Saya punya dua-duanya, hehe. Blog personal saya pakai wordpress di nyakrotun(dot)com sedangkan blogspot buat blog khusus masak di dapurotun(dot)com. Kalau boleh jawab jujuuuur, lebih suka sama wordpress. Meski memang agak mahal untuk membeli hosting, tapi worthed banget kaya yang dibilang Mba Lya.

    Btw kalau di WP, saya lebih suka URL namadomain(dot)com, nggak pake tanggal seperti punya Mba Lya. Itu juga salah satu kelebihan WP yang saya suka. Kalau Blogspot kan otomatis ada bulan sama tahunnya 🙂

  10. evylia h

    Karena blog pertama dulu pake blogspot, bagiku lebih gampang ngutak-atik blogspot.
    Tapi kalo soal optimasi seo, wordpress lebih menjanjikan.

  11. Latifika Sumanti

    Awal ngeblog pakai wp pas beli domain pake bp, wkwk… Utk yang gaptek so far pake platform bp is easy, tapii sebenarnya kalo punya banyak waktu kulik2 dan sudah bisa jadi blogger pro aku mau deh belajar pakai wp lebih dalam lagi, mau bangett.

  12. Agus Sutisna

    Aku dulu pakai wordpress, asik kayak medsos punya banyak teman dan pengikut. Tapi semua serba bayar apalagi untuk melindungi tulisan kita biar tidak ada yang mengcopy paste.

  13. Desy Yusnita

    Aku dulu pake blogspot mau utak-utik smp belajar html segala. Smp akhirnya keracunan dan pindah ke wp, blm paham banget tp gampang mau apa2 tinggal pake plugin aja.

  14. zata

    wahh makasih banyak artikelnya Lya.., pas banget aku punya dua2nya nih.., jadi makin tau bedanya

  15. Maria Soraya

    dari awal ngeblog pakai wordpress, sekalinya pindah ke blogspot aku malah gelagapan kok lebih ribet yak hehehe trus akhirnya bhay deh sama blogspotku yg udah dibikin (bikin doang belum diisi)

  16. Maria Soraya

    (barusan aku komen udah masuk belum ya ??? kok ilang haha)

    dari awal ngeblog yg hratisan aku pakai wordpress, soale tampilan clean dan masih setia sampai sekarang … taun kemarin pernah nyoba bikin blogspot dan malah bingung gimana, yaudah bhay blogspot

  17. April Hamsa

    Tapi kadang Google suka berubah2 kebijakannya, khawatir jg kalau msh nebeng hosting pas blogspot dihapus atau gmn, kyk kejadian Multiply dulu. Jd mungkin sebaiknya tetep pakai hosting sendiri, baik BP maupun WP. Saya jg tim WP, meski awalnya ribet tapi klau dah biasa ya jalan aja hehe

  18. Noe

    Hebaat, mau nyediain waktu utk utak atik kode, aku suka wordpress tp nyerah lah klo hrs belajar coding, minta tolong org ujung2nya, hehehe

  19. atiqo

    keren belajarnya mbaa. wordpress emang lagi naik daun yaa mbaa. pengen juga sebenere tapi nggak kuat otak-atiknya wkwkwkwkk

  20. Ransel kosong

    Kalo dulu aku kenal Blog ,msh pake platform Myweblog…
    Trs Myweblog tutup usia,lalu aku kenalan dan pdkt sama wordpress (msh pakai yg free) trs seiring hubungan kita berjalanan,aku lalu ceraikan wordpress yg gratisan itu, terus mencari mamah baru,eh akhirnya beli self hosting WordPress biar greget,moga hubungan kami awet dan di karuniai umur panjang 🙂

  21. lita chan lai

    dari awal ngeblog dah pake wp gratisan, sampe akhirnya beli domain. wp emang enak bisa otak atik sendiri. walau kadang suka salah nguliknya…

  22. Wian

    Akuuuu pengguna blogpost. Dan kayaknya gak akan pindah ke lain hati. Setia banget aku orangnya. Wkwkwk

  23. Marg

    Aku selama ini pakai blogspot karena rasanya lebih simpel dashboardnya daripada wordpress. Hahaha.

  24. miyosi

    Dulu awal ngeblog, 2009, pakai wp. Entahlah ngerasa lebih mudah aja drpd blogspot yg penuh dg coding wkk
    2018 akhirny punya blogspot
    Sama2 enakny sih, mb 😂

  25. Oline

    Keduanya punya perbedaan masing2. Dan aku juga punya blog dengan kedua themes itu 🙂
    Cuma karena seringnya nulis di blogspot, yg WP aku jadi kurang paham ngutak ngatiknya 🙂

  26. Mude_mudrikah

    Wah mba sdh bnyak explore y baik blogspot ataupun wordpress. Aku sndiri masih pakai blogspot dgn alasan blm berani ngeluarin budget lebih buat wp, tp fitur plugin wp emang menggoda sih

Leave a Reply