Blog tidak tertarik untuk dibaca kenapa ?

Blog tidak tertarik untuk dibaca kenapa ? Sewaktu menemukan atau membaca blog orang lain, kita pasti pernah memiliki alasan tidak tertarik membaca blog yang pernah kalian kunjungi sebelumnya. Entah karena memang tidak ada hal yang penting di blog itu, atau memang kalian hanya sekedar stalker ? Saya juga pernah mengalami hal yang sama seperti itu. Merasa malas saat berkunjung ke blog yang kurang “sreg” buat diri kita sendiri.

Jauh sebelum memulai blogging, saya selalu menjadi pembaca setia beberapa blogger. Entah untuk menggali informasi, mencari inspirasi bahkan hanya sekadar melihat – lihat apa yang ada di dalam blog tersebut. Sekarang, ketika sedang asik berselencar mengunjungi beberapa blog, yang untuk mencari ide referensi tulisan, tiba – tiba jemari tangan langsung close tabs begitu saja tanpa ampun. Alasannya sederhana sekali, karena blognya tidak enak untuk dilihat secara visual.

Terlihat sadis bukan ? mungkin diluar sana banyak sekali orang – orang yang seperti saya, langsung close tabs begitu saja saat melihat blog yang tidak enak dilihat. Maklum saja. Bagi sebagian orang yang belum mengenal tentang optimasi blog, pasti belum tahu caranya untuk menarik pembaca di kesan pertama. Tapi setidaknya, belajar sedikit untuk merapikan blog agar enak dibaca tidak ada salahnya bukan ? meskipun blog tersebut hanya untuk sekadar curhat. Siapa tahu, sang mantan atau gebetan jadi stalker dadakan ke blog kita. Mereka bisa saja langsung menilai kepribadian kita saat melihat blog kita.

Kok bisa menilai kepribadian dari blognya ? emang ada ilmunya ? menilai seseorang dari blog memang tidak ada ilmunya sama sekali. Tapi, kalau melihat blog yang berantakannya minta ampun di awal kesan pertama, maka image yang sudah bagus kita bangun, tiba – tiba mendadak hilang. Jadi nggak interest sama sekali cuma gara – gara nggak tertarik sama blog kita.

Percaya nggak percaya sebenernya. Tapi, sebagian besar orang yang tidak paham dunia blogpun, kalau disuruh menilai kesan pertama, pasti akan senang menilai blog dengan susunan yang rapi. Tidak berantakan tampilannya.

Kalau ditanya, “Saya seorang ahli dalam blog ?” jawabannya adalah sama sekali bukan. Saya cuma sebagai penulis dan pengamat saja. Tujuan seorang personal blogger kan menyampaikan ilmu yang bermanfaat dan plusnya bisa membangun relasi.

Ditulisan ini saya mau menyampaikan beberapa hal yang sering orang lakukan saat tidak suka dengan kesan pertama website kita alias langsung close tabs dan meninggalkan website kita.

Baca juga : blogger profesional di era digital

blog

pexel

Alasan tidak membaca blog kita :

  1. Loading lama

Ini sebenarnya hal yang paling utama dari semuanya. Seorang programmer, blogger dan beberapa pakar IT lainnya pasti mengatakan bahwa loading website itu kunci dari semuanya. Kok bisa ? sederhananya, jika loadingnya saja tidak bisa terakses dengan cepat di jaringan yang paling minim, orang akan segera menutup website kalian. Selain membuang kuota yang tidak murah di jaman sekarang ini, pembaca akan merasa buang – buang waktu hanya untuk menunggu loading website kalian secara menyeluruh untuk dibaca.

Masalah utama biasanya dari template yang bawaannya berat. Website yang baik seharusnya memiliki waktu tampil hanya 2-4 detik. Kalian bisa cek loading website Gtmetrix. Kalau hasilnya ternyata diatas waktu tersebut, sebaiknya pikir ulang untuk menggunakan template yang memberatkan.

Selanjutnya, bisa juga terjadi karena gambar yang dipasang terlalu besar ukurannya. Ukuran yang saya maksud adalah size image dalam bentuk Mb, Kb, Gb. Saran saya, entah kalian mengambil gambar menggunakan ponsel, kamera canggih atau mengambil dari penyedia layanan gambar gratis, sebaiknya sebelum di publish, di resize terlebih dahulu. Supaya loading blog juga maksimal.

  1. Iklan

Nggak asing lagi kalau kalian berselancar di dunia maya, pasti melihat banyak sekali website yang menampilkan halaman iklan mereka. Entah secara pop up, di sidebar kanan-kiri atau di antara tulisan. Saya sendiri memang tidak terlalu suka dengan website yang penayangannya selalu muncul iklannya.

Baru di klik sebentar untuk loading, tampilan iklan muncul lagi. bahkan ada saja tulisan informasi tertutup dengan iklan yang muncul. Lama kelamaan, orang akan bosan dengan websitekita.

Boleh saja kok kalian memsang iklan, seperti milik saya contohnya. Tapi, jangan terlalu berlebihan dalam memasangnya. Sayang kalau harus kehilangan beberapa pengunjung hanya gara – gara tidak suka tayangan iklan yang muncul setiap kali.

Baca juga : suka duka blogger jaman sekarang

  1. Isi tidak menarik

Ribuan website setiap harinya muncul dengan tulisan – tulisan yang baru, belum lagi dengan website yang baru saja muncul namun memiliki ide tulisan sangat menarik. Namun sayangnya, beberapa orang masih saja tidak fokus dengan isi tulisan yang akan di sampaikan di dalam websitenya. Sehingga tulisannya jadi terlihat membosankan. Padahal secara garis besar, inti yang disampaikan dalam website sangat bermanfaat.

Sebagai seorang personal blogger, sangat perlu sekali dalam hal dunia menulis untuk melatih tulisannya agar kalimat yang dihasilkan lebih bernyawa dan tidak membosankan. Percaya deh, orang yang bisa menyampaikan tulisannya dengan mengalir, akan lebih banyak pengunjungnya daripada tulisan yang terlalu formal. Kecuali jika tulisan kalian tentang jurnal ilmiah yang harus menerapkan bahasa baku.

blog

pexel

  1. Sosial Media

Ini adalah kekuatan terakhir yang jangan pernah diremehkan oleh siapapun. Semakin kita aktif bersosial media dengan membagikan tulisan kita, semakin banyak kritikan dan masukan yang membangun isi website. Entah itu cepat atau lambat secara halus atau langsung dalam penyampaian kritikannya kepada kita. Nggak sepenuhnya tulisan kita luput dari kesalahan, meskipun seorang personal blogger yang sudah memiliki jam terbang yang tinggi. Contohnya seperti kesalahan sederhana, menulis huruf “typo”. Dan yang lebih penting, orang akan secara sukarela mengunjungi website, tanpa kita minta.

Tidak dipungkiri lagi, di jaman sekarang ini, orang akan lebih percaya membaca website melalui referensi. Referensi terbesar yang utama adalah sosial media. Jika kita tidak share atau memasang badge sosial media pada website kita, bagaimana orang tahu tentang tulisan kita ?

75 komentar untuk “Blog tidak tertarik untuk dibaca kenapa ?”

  1. wenny kumala tendean

    wah sy banget ini, blog nya masih berantakan belum sempat di rapihin. Hihii.. bantuin donkk kakakk (minta dilempar lemper) .

  2. Karena loadingnya lama..sering. kadang juga karena kebanyakan iklan..
    Padahal aslinya tulisanya bagus, tapi ketutup. Paling ga suka..judulnya klikbait..isinya biasa aja.

  3. masih terus belajar bikin isi menarik. seringkali mikir, cerita gini dibaca orang enggak sih. Lalu enggak peduli, yang penting ceritain aja deh

  4. cepet ninggalin blog biasanya emang loading mba jadi hasrat membaca tuntas jg malas hehehe lgsg tutup mau balik lagi jg sudah lupa deh 😀

  5. Menarik dan bermanfaat mba.

    Dan setuju banget ama ke 4 poin tersebut, terutama yang no 1, itu beneran bikin bete 😀

    Saya sendiri, biasanya suka banget baca blog yang isinya
    – Tulisan gak mainstream.
    – Tulisan dari pengalaman pribadi, bukan sekadar opini.
    – Tampilan tulisannya jelas, maklum mata saya minus hehehe.
    – Blog yang isinya gak melulu artikel lomba hehehe 😀

  6. Dulu awal ngeblog blog saya juga alay banget hahaha *malu.
    Seiring perjalanan mulai berbenah di sana sini. Buang2in template yg bikin berat, merubah warna background biar pengunjung gak sakit mata dll
    Sekarang kalau lihat blog2 yg masih begitu jd suka inget masa lalu. Ya ampun ini kayak gue dulu… begicu

  7. Buat saya font juga ngaruh. Kalau font-nya ga nyaman dilihat, jadi malas baca, hihi. Kecuali kalau isinya menarik, kalo buka di laptop saya inspect element di browser trus ganti font-nya, haha.

  8. Aku meninggalkan blog, yang tulisannya terlalu baku dan tidak mengalir. Jadi baca awalnyanya saja sudah bosan hehehe.

    Terima kasih untuk sharingnya ya. Langsung cek tulisan sendiri hehehe

  9. Endah Kurnia Wirawati

    paling sering ninggalin blog karena musik nyaa..
    entah kenapa langsung gak mood kalau buka blog ada musiknya, apapun jenisnya.. suka bikin kaget euy..

    Dari dulu saya selalu suka pake template yang simple, karena malas ngutak-atik aja.. pernah ganti template sih beberapa kali tp selalu cari yang berwarna dasar putih dan biru. Sepertinya paduan warna ini lebih enak buat dilihat deh

  10. Banyak banget pop up iklannya, sehingga ….menutup informasi yang menjadi tujuan utama mengunjungi blog itu. Kalau alasan lain dari yang dituliskan masih bisa saya maklumi, sih.

  11. kalau saya sendiri juga begitu, me close tanpa ampun blog yang loadingnya lama, yg paling tidak saya suka iklan yang mengganggu, kalau iklannya masih wajar saja sih ga apa2,

    eh, btw blog saya termasuk yang ga disukai untuk dibaca ga ya?

  12. Aku paling pusing kalau, theme blognya bikin sakit mata. Sudah deh kalau begitu, milih close aja.
    Tapi itu selera personal sih ya.

  13. lemot sinyal kalau mpo, cape udah lemot sinyal , loadingnya lama. Kalau tulisan Mpo sukanya yang original tapi jarang nulis original . eaaa itulah mpo.

  14. Biasanya aku selalu baca artikel itu sampai habis, walopun mungkin ga menarik. Tujuannya krn mau memperkaya kosa kata dan cara menulis yang berbeda2. Tapiiiiiii, boong aja kalo dibilang aku ga pernah close tab :p. Alasan yg bikin aku sampe ga mau baca blog sampe selesai, kalau:

    1. Tulisannya pake font super imut :p. Pernah nemu nih. Isi tulisannya sebenernya menarik. Judulnya jg bikin kita penasaran mau baca. Paragraf awal aku udh suka banget, tp kok ya lama2 mata menyerah :p. Serius itu fontnya yg paling kecil kayaknya :D. Maaaap kakak, mata saya udh rabun parah. Tpaksa close tab :p

    2. Kebanyakan tulisan sponsor. Dan bahasanya kaku semua. Kalo mau tulis ttg sponsored post, tp pake bahasa kita sendiri, ga masalah. Justru jadinya ga bosenin. Lah ini pake diagram dan bahasa baku segala. Pusing jadinya..

    3. Isinya sedikit memprovokasi. Udhlah… Aku males lanjutin kalo udh begini. Malah boro2 mau dtg lagi ke blognya.

    4. Terlalu banyak typo dan singkatan :p. Pernah nemu blog anak abg, yg kalo nulis kata2 serba disingkat hahahaha.. Maap ya dek, eyke generasi lawas soalnya. Lgs ga mudeng baca singkatan zaman now :p

  15. Ditambah 1 poin lagi mbak… Desainnya. Saya sering banget ninggalin blog yang desainnya berantakan, termasuk tata letak gambar yang gak karuan hingga font yang sulit dibaca. Minimal pakai font yang bisa dibaca, tapi masih ada blogger yang pakai font stylist dan ukuran kekecilan. Mungkin mereka ingin baca blog buat sendiri saja haha

  16. Kalau sy krn lebih suka jenis bacaan yg ringan dan enak disimak maka tampilan dan gaya bahasa itu penting banget. Kadang kalau gaya bahasa terlalu kaku sy malea bacanya. Terakhir, blog yg tll banyak iklannya juga males banget bacanya. Apalagi iklannya yang enggak beres. Hihi

  17. Blog banyak iklannya, kalo dari segi tampilan selagi isinya bagus tetep lanjutin baca, karena ga semuanya blogger bisa otak atik template hehheh jadi intinya selagi isinya bermanfaat tetep dilanjut baca.

  18. suka ninggalin blog karena pas baca ABOUT nya cuma ada teks contoh alias itu bagian enggak diisi samasekali. JAdi bener2 gak tau siapa orang behind the blog itu. Nah biasanya yang kayaknya gini langsung kutinggal.

  19. Backpacker Sendal jepit

    Kalo aku yang ga sesuai Niche mba,
    Kan aku fokus pada kontent Traveling,
    Kalo baca selain kontent Traveling jadi males apa lagi baca review produk gitu
    Hehehe

  20. Kalau aku sih seringannya baca sesuai niche aku: beauty. Cuma emang ada juga beberapa beauty blog yang aku langsung close tab karena menurut aku gaya menulisnya nggak asyik dan fotonya remang-remang semua. Padahal kan beauty blog perlu gambar yang jernih, jelas, dan terang. Masa iya baca review lipstik warna merah tapi di foto jadi kaya warna item karena fotonya indoor diambil pake kamera depan dengan cahaya yang kurang. Hehehe.

  21. Saya ninggalin blog kalo tulisannya warna-warni, tulisannya rapet-rapet dgn tanda baca yang gak jelas, dan topiknya bukan yg saya suka hehehe

  22. cara “bertutur” di blog untuk blogger memang mempunyai gaya masing-masing sih, tapi memang ada gaya blog yang asyik untuk dibaca, saya suka belajar ke blog yang begitu

  23. iya kalau loading lama jadi males nungguin kecuali memang butuh banget kontennya. Eh blogku termasuk cepat apa lambat ya loading time-nya?

  24. kayanya aku pernah baca dan ninggalin jejak deh. tapi gpp aku komen lagi…

    kalau aku blog yg tulisannya terlalu panjang. kadang aku suka malas bacanya. lebih suka ke intinya langsung.

  25. kalo saya… tampilan tulisan juga.. saya suka tampilan tulisan yang rapi.. trus per paragrapnya nggak kebanyakan kalimat.. suka pusing liat kalimat per paragrap tuh banyakkk banget

  26. Selesai baca, merasa tertohok. Ngeblog bertahun2 dengan gaya alay sampai akhirnya diseriuskan akhir 2017 kemarin. Masih harus banyak belajar. Ajari saya yaa kakak-kakak

  27. Kalau saya bete dengan blog yang kosakatanya begitu-begitu aja. Apalagi kalimat utamanya langsung nunjukkin kata misalnya “Hari ini tanggal …..aku menghadiri…..”

  28. Bener juga. Saya paling malas kalo blognya banyak iklan bahkan sering nutupin tulisan. Kalau sdh kayak gini kan repot banhet. Kudu klik tanda silang dulu.

  29. Ya, blog yang memiliki tampilan dan desain bagus pastinya lebih baik jika dengan konten yang juga bagus. Ditambah dengan penyebarluasan melalui medsos. Thx telah berbagi.

  30. Kalo aku nih..paling ga suka kalo baru buka blog aja udah lola..bukan karena jaringan internet lho tp mungkin krn pengaruh dr blog yg kita kunjungi itu. Tapi kalo cepet kebukanya kan enak tuh mbak..apalagi ditambah tampilan dan tulisannya juga enak dibaca. Makasih sharingnya ya mbk.

  31. Hae mba, ini sepertinya kali pertama muncul di sini. Ku suka banget sama logonya, cakeup!

    Btw, aku pun. Sebagai anak socmed, mainan ig ternyata bisa menyita waktu sampai males baca blog hahaha

  32. Ardilah Dwiagus Safitri

    Kalau saya sih pengen cepat-cepat close tabs kalau udah liat blog yang isinya narasi melulu tanpa gambar. Blog yang penuh warna malah jatohnya jadi kaya baca koran.

  33. Betul betul betul saya juga anaknya visual banget, suka males kalo baca blog yg bikin mata sakit. Makanya saya sendiri pake template yg clean aja, cari aman. Padahal dulu juga sempet jd yg alay-alay hehehe.

  34. Betul betul betul saya juga anaknya visual banget, suka males kalo baca blog yg bikin mata sakit. Makanya saya sendiri pake template yg clean aja, cari aman. Padahal dulu juga sempet jd yg alay-alay hehehe.

  35. Setuju banget! Dari sekian blog post tentang ini, udah berkali-kali memang dikasih tau supaya “pagespeed as fast as possible”. Sayangnya, ga semua blogger tahan godaan template ciamik tapi berat load ketika diaplikasikan.

    Harus terus perbaiki blog nih. Makasih banget mbak udah mengulas tips ini! 🙂

  36. kalau aku alasan tidak jadi baca blog seseorang kadang karena tulisannya kepanjangan. Lebih suka tulisan singkat dan capek nyekrol soalnya. hehe.

  37. harus optimasi blog sebaik mungkin ya mbak, biar pengunjung betah berlama-lama di blog kita.
    kalo loadingnya lama, aku pun suka males.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *