Blogspot wordpress apa bedanya ?

Blogspot wordpress apa bedanya ?

Perbedaan antara blogspot wordpress sebagai platform menulis itu sudah banyak banget diperbincangkan bertahun – tahun yang lalu. Jauh sebelum saya mengenal mantan terindah. Eheeemm. Saya kenalan sama platform blog berawal dari stalking di Google, stalking di komen dan berakhir dengan pemikiran yang dangkal waktu itu. Must have a blog! Whatever tulisannya isinya apa, yang penting punya blog.

Sewaktu saya memulai ngeblog, emang bener – bener nggak tahu platform yang harus saya pakai itu apa. Kalau di ingat – ingat, dulu, si raja blogspot masih merajai puncak kejayaannya sebelum di akuisisi sama Google. That’s right ? Itupun saya memakai platform blogspot karena panutanku dulu pakainya blogspot. Jadinya ya ikut – ikutan. Kalau sekarang, sepertinya blogspot mulai banyak pesaing – pesaing baru yang muncul.

Sambil belajar otak atik buat tema, buat simbol yang bisa kelap kelip atau image yang bisa gerak, atau bikin tulisan lucu, apapun saya pelajari secara otodidak dipandu eyang kesayangan Google. Tapi, setiap weekend, saya pasti sempetin buat baca buku di toko Gramedia (bukan iklan ini, suer) tentang panduan pembuatan css, java, html dan website. Everyday intinya belajar ngeblog.

Sampai akhirnya, blogspot saya yang buat belajar itu mati. Padahal udah banyak isinya, huhuhu. Akhirnya, saya bangkit lagi buat bikin blogspot baru. Herannya, meskipun udah nggak pernah pegang blogspot bertaun – taun, pas bikin baru lagi, langsung bisa gercep. Wow! Agak kaget juga. Coba kalau suruh ngulang rumus senyawa kimia satu aja, pasti lupa! Haha.

Setelah mahir blogspot (nggak mahir – mahir juga, tapi setidaknya paham yang penting – penting), saya mulai melirik wordpress nih. Gara – gara saya lihat iklan wordpress di youtube yang pake slogan “bangun bisnis anda sendiri menggunakan website terpercaya”. Dalem banget rasanya. Akhirnya, saya putuskan juga buat beli domain dan hosting buat wordpress. Nggak pake mikir lagi. Asal beli. Kalau ditanya menguras kantong apa nggak, jawabannya pasti menguras kantong. Tapi menurut saya nggak masalah. Toh kan niat saya buat belajar.

Baca jugamenulis buku

Setelah beli domain dan hosting wordpress, saya mulai belajar. Otak atik sana sini sampai sebulan lebih. Itu cuma buat tampilan wordpress lebih kinclong. Hahaha. Belum kode – kode yang bagi saya newbie terasa membingungkan diawal. Banyak waktu yang terbuang ? nggak masalah. Nanti kalau saya udah mahir mengoperasikan wordpress juga easy banget. Nggak ngerasa “buang duit dan buang waktu”.

Memang  diawal, belajar wordpress itu susah. Pake banget. Hahaha. Karena tampilannya yang berbeda banget sama tampilan blogspot. Tapi, seiring waktu berjalan, makin gampang aja menggunakan platform wordpress. Tinggal klik sana dan klik sini. Beres!

Tapi, dari pengalaman saya yang pernah pakai blogspot sama self hosting wordpress, ngerasa banget ada perbedaanya. Coba kita cek.

blogspot wordpress

pixaby

Perbedaan antara Blogspot WordPress

  1. Pemilik

Platform wordpress sendiri dimiliki oleh Matt dan Mike Little.

Platform blogspot sendiri diakuisisi oleh Google tahun 2003 dari kepemilikannya Pyra Lab.

  1. Domain

Domain untuk Platform wordpress self hosting harus membeli. Tergantung dengan hosting yang kita percaya untuk menyediakan layanan domain.

Domain blogspot disediakan secara gratis dan berbayar. Namun, jika memilih gratis, nama domain di belakang akan di sematkan blogspot. Seperti contoh domain milik saya terdahulu. Jika ingin berbayar, kalian harus membeli domain dari layanan hosting yang terpercaya. Namun, sesuaikan dengan kondisi keuangan kalian juga.

  1. Penyimpanan

Penyimpanan yang disediakan oleh blogspot sendiri menyediakan ruang 15Gb.

Untuk self hosting wordpress, penyimpanannya tergantung dari hosting yang menawarkan layanannya.

  1. Template

Untuk template blogspot dan wordpress self hosting sama – sama memiliki template yang gratis dan berbayar. Tinggal sesuaikan selera kita.

  1. Plugin

Untuk plugin, jagonya ada di platform wordpress. WordPress memiliki banyak plugin yang tersedia untuk meningkatkan kinerja website kita. Baik secara gratis atau premium. Sedangkan untuk Blogspot tidak memiliki plugin.

  1. Iklan

Untuk pemasangan iklan, wordpress bebas memasang iklan dari mana saja. Sedangkan untuk blogspot hanya terintegrasi pada Adsense.

  1. Keamanan

Platform wordpress self hosting, terbilang memiliki tingkat keamanan yang baik karena script selalu diperbaharui secara berkala dan harus rajin untuk memback up data kita sendiri.

Keuntungan menggunakan platform blogspot soal keamanan tidak diragukan lagi. karena milik Google. Tidak repot juga untuk mengurus backup data dan pengelolaan koneksi. Tapi, kalau kalian lalai dalam penggunaan blogspot alias melanggar kebijakan yang disediakan oleh Google (seperti melakukan spamming semisalnya) blogspot kalian bisa saja dihapus oleh Google tanpa sepengetahuan kalian.

Itu beberapa hal yang saya rasakan setelah menggunakan platform blogspot dan wordpress self hosting. Sebagai seorang personal blogger kalau ditanya secara pribadi, saya lebih suka blogspot untuk pengaturan templatenya. Bisa saya otak atik sesuai keinginan saya sendiri dengan template gratis yang bisa diunduh dengan mudahnya. Hehe.

Kalau untuk platform wordpress self hosting sendiri, lebih seneng sama optimasi plugin lebih tepatnya. Karena plugin yang disediakan wordpress self hosting sangat membantu tanpa perlu repot – repot edit html.

Kalau kalian pribadi, sudah coba salah satu platform diatas ? Kalau sudah, lebih seneng pilih blogspot atau wordpress ?