Kunjungan industri kementrian perindustrian

Kunjungan industri kementrian perindustrian

Program untuk mendukung kebijakan perkembangan sebuah industri di dalam negeri, sudah memasuki pada tahap industri 4.0. Dimana, industri 4.0 adalah sebuah upaya transfomasi menuju perbaikan dengan mengintegrasikan dunia online dan lini produksi di industri, di mana semua proses produksi berjalan dengan internet sebagai penopang utama. Kemudian, di industri makanan dan minuman, teknologi Industri 4.0 sudah diterapkan pada pemilihan bahan baku, namun pada saat proses pengemasan masih menggunakan tenaga manusia. Seperti pada saat Kunjungan industri kementrian perindustrian di Mayora Indah, Tbk berada di daerah Daan Mogot 1 sudah bersinergi dengan perkembangan industri 4.0 yang telah dikembangkan bersama Kementrian Perindustrian.
Saya yang berkesempatan melakukan kunjungan industri kementrian perindustrian di PT. Mayora Indah, Tbk Divisi Wafer bersama Kumpulan Emak – Emak Blogger dan Repcil (Reporter Cilik) dari Media Indonesia, telah mendapatkan gambaran yang jelas tentang perjalanan produksi massal dari PT. Mayora Indah, Tbk Divisi Wafer.
kunjungan industri kementrian perindustrian
Acara yang dimulai dengan pemaparan oleh ibu Arum Sari mengenai petunjuk yang harus dijalani seluruh karyawan, staff dan tamu yang berkunjung tentang proses pengadaan barang dari awal sebelum produksi hingga beberapa langkah penting dalam hal menjaga keamanan dan kesterilan pengolahan bahan pangan di dalam pabrik pengolahan divisi wafer. Beliau juga turut menjelaskan secara jelas bagaimana sistem pengoperasian mesin pabrik berjalan selama ini. Tak lupa, sertifikasi yang telah diperoleh PT. Mayora Indah, Tbk juga dipaparkan.
Seperti yang kita tahu, berbagai jenis produk dari PT. Mayora Indah, Tbk sudah beredar di semua kalangan masyarakat Indonesia. Brand yang telah dirintis semenjak zaman dahulu sudah turut menyumbangkan efek brand image di kalangan masyarakat Indonesia tersendiri. Seperti pada brand image snack stick cokelat yang sering kita sebut dengan nama “astor”. Begitu pula dengan brand image wafer dilapisi cokelat dan karamel yang sering kita sebut “beng-beng” dan wafer cokelat si “superman” yang beralih nama menjadi “superstar”.
Berkembangnya inovasi pangan yang memberikan ide gagasan baru, membuat PT. Mayora Indah, Tbk mengeluarkan brand image lainnya, seperti Air Mineral “Le Mineral”, Choki – choki, Slai Olai, Biskuit Coklat “Better”, Biskuit Roma Kelapa, Super bubur, Mie gelas, Kopi Torabika, Permen Kopiko, Sari Gandum, Energen dan masih banyak jenis brand lainnya yang bisa kalian liat di websitenya. Hebatnya lagi, produk – produknya tidak hanya di pasarkan di Indonesia. Produk Mayora sendiri sudah menjelajah pemasarannya hingga ke Negara Besar lainnya. Seperti Amerika, Japan, Arab, Cina, Thailand, India, Brazil dan beberapa negara lainnya.
Turut hadir juga Direktur Industri Makanan, Hasil Laut dan Perikanan Ibu Enny Ratnaningtyas yang memaparkan tentang latar belakang “Aku Anak Indonesia Cinta Produk Indonesia”. Beliau menjelaskan tentang bagaimana perilaku kita sebagai generasi penerus bangsa untuk lebih mencintai produk dalam negeri.
kunjungan industri kementrian perindustrian
Kemudian, acara dilanjutkan dengan mengunjungi pabrik PT. Mayora Indah, Tbk Divisi Wafer. Kami dijelaskan secara urut bagian lokasi mana yang diperbolehkan untuk mengambil gambar dan bagian mana yang tidak diperbolehkan untuk mengambil gambar. Kesterilan saat memasuki area pengolahan produksi juga sudah diterapkan dari awal mula. Diwajibkan memakai masker, pakaian jas, topi, melepas perhiasan, memotong kuku dan memakai kantong kain untuk menutupi sepatu yang tidak menutup kaki dengan sempurna.
Kekaguman satu persatu mulai berdecak dalam hati. Ternyata, sebuah produk dalam negeri, mampu menghasilkan produksi massal dalam sekala yang sangat besar dan terolah dengan terperinci. Belum lagi mampu membuka lapangan pekerjaan bagi seluruh lapisan masyarakat.
Selesai melakukan kunjungan industri kementrian perindustrian, kami kembali keruang Aula untuk menikmati makan siang. Selanjutnya, kami mendengarkan para Repcil (Reporter Cilik) mengajukan pertanyaan yang unik – unik sebagai bahan jurnalistik mereka.
Keseruan selanjutnya yaitu menghias parcel dengan produk – produk dari PT. Mayora Indah, Tbk dan pastinya photobooth yang tidak pernah kami lewatkan sebelumnya.

Kunjungan industri kementrian Perindustrian bersama Mayora Indah memiliki :

  1. Sinergi yang positif terhadap perkembangan industri 4.0.

  2. Meningkatnya kualitas produk lebih baik

Meskipun, banyak kendala yang akan dihadapi untuk menuju masa depan Indonesia yang lebih maju. Tetap optimis dan semangat dalam berinovasi yang tidak pantang menyerah.
 
kunjungan industri kementrian perindustrian
 
Baca juga : menjaga imun tubuh