ENDRALIA

Lifestyle Blogger

28 April 2020

Belajar memasak sendiri dirumah agar enak

Belajar memasak sendiri dirumah agar enak saat ini menjadi kegiatan sangat populer diberbagai kalangan lapisan masyarakat. Terutama bagi kalangan generasi milenial. Hari libur yang panjang saat ini disebabkan wabahnya penyakit Covid-19, membuat aktivitas yang semestinya dilakukan di luar ruangan menjadi terhenti sementara. Mau tidak mau, semua dituntut untuk beraktivitas di dalam rumah. Salah satunya adalah kegitan memasak.

Memasak memang kegiatan yang sepele kalau dilihat. Tapi, saat sudah terjun di dapur, memasak menjadikan kegiatan “perang” layaknya tentara. Kenapa ? Karena buat para pemula biasanya mempersiapkan bahan-bahan utamalah yang paling lama. Soal cara memasaknya rata-rata mengungkapkannya dengan kalimat “aahh.. gampang!”. Kenyataannya ? Rasalah yang menentukan enak atau tidaknya suatu makanan.

Banyak cara sebenarnya untuk bisa belajar memasak. Cara sederhanya adalah berguru belajar memasak bersama Ibu. Buat anak yang masih berada di dekat Ibu, Ibu menjadi salah satu tumpuan limpahan pertanyaan soal memasak.

Lain halnya yang hidup jauh dari sesosok Ibu. Beberapa orang mengandalkan aplikasi masakan yang sudah menshare resep dan tata cara memasak dengan rinci. Tutorial di Youtube juga tidak kalah pentingnya untuk bisa memasak dengan hasil akir rasa masakan yang lezat.

Tips menu makanan gizi seimbang

Pengalaman demi pengalaman yang pernah Saya praktekan sampai saat ini, yang paling ngena dan menyenangkan adalah belajar memasak sendiri dirumah, apalagi bersama Ibu. Masakan yang tidak pernah Saya coba sebelumnya jadi Saya coba praktekan di dapur. Sedangkan untuk meracik bumbu supaya olahan masakannya enak, juga diajarkan oleh Ibu Saya sendiri.

Pernah juga Saya mengikuti les singkat untuk belajar memasak saat ini, ternyata tidak membuahkan hasil. Bahkan, resep yang diajarkan akhirnya menghilang begitu saja. Mungkin karena tidak pernah di praktekan atau memang karena malas, masih menjadi misteri sampai saat ini.

Beberapa teman dekat Saya pernah menanyakan cara memasak sendiri supaya hasil masakannya enak. Sederhananya, memasak itu seperti jatuh cinta. Akan melakukan segala cara supaya hasilnya bagus dan sesuai dengan keinginan kita. Apa saja caranya ?

belajar memasak sendiri dirumah lya amalia

Bagaimana cara belajar memasak sendiri dirumah agar enak ?

  • Tulis daftar menu masakan

  • Cari referensi lewat browsing

  • Belanja bahan baku dan bumbu

  • Persiapkan semua keperluan memasak

  • Langsung praktek

  • Cicipi masakan

  • Mintalah penilaian orang terdekat

Sebenarnya, cara diatas adalah cara umum yang pasti semua orang lakukan saat akan eksekusi memasak. Namun, untuk mendapatkan hasil yang enak adalah “percaya dirilah” terhadap kegiatan yang kalian lakukan saat memasak.

Misalnya seperti memberikan bumbu pada masakan supaya masakan menjadi lebih asin. Jika panduan takaran sudah disesuaikan namun belum menghasilkan yang enak seperti ekspektasi, kalian bisa melakukan penambahan bumbu diluar panduan takaran yang diberikan.

Kenapa ? karena dari pengalaman memasak, bisa saja api yang digunakan tidak sesuai. Teknik memasak juga sangat berbeda seperti teknik menggoreng, mengukus, memanggang dan beberapa teknik lainnya. Bahkan, bahan baku berbeda sedikitpun juga memberikan efek hasil yang berbeda.

Beberapa orang ahli memasak, sering kali memberikan tips dan trick tersembunyi untuk membuat hasil masakan enak. Enak disini adalah enak dilihat dari segi visual dan enak dirasakan dari segi rasa.

Tips memasak resep MPASI

Itu dia, tips yang biasanya Saya lakukan untuk bisa mendapatkan hasil masakan supaya enak. Intinya sebenarnya adalah seberapa sering kita melatih skill memasak, maka akan tahu letak dimana yang harus diberikan trick dan hasil seperti apa yang di inginkan.

Jadi, kalian sudah mencoba praktek langsungkah untuk mendapatkan hasil masakan yang enak dari belajar memasak sendiri dirumah ?

<a href=”https://www.bloglovin.com/blog/20503781/?claim=uwn5pvkq5pc”>Follow my blog with Bloglovin</a>

SHARE:
Food & Beverage 2 Replies to “Belajar memasak sendiri dirumah agar enak”
Lya Amalia
Lya Amalia

COMMENTS

2 thoughts on “Belajar memasak sendiri dirumah agar enak

    Author’s gravatar

    memasak sendiri emang butuh skill tersendiri. yang jelas sih, harus ditekuni ampe bisa hahaha
    buat ibu2 anak3 kayak saya, mau gak mau harus bisa memasak sendiri.kalau beli luar trus bisa jebol dompet hehehe
    setuju bgt memasak dari hati dengan cinta adalah koenchi nya hehe

      Author’s gravatar

      betul banget nih mba… memasak emang harus pakai cinta. Kalau gak mood aja bisa ngerusak citarasa masakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *