Menu mpasi anti gtm untuk bayi dibawah 2 tahun

Menu mpasi anti gtm untuk bayi dibawah 2 tahun

Seiring dengan tumbuhnya dunia digital yang semakin diperhatikan, beberapa ibu lebih sering mengunggah keterampilan mereka saat memasak di sosial media. Biasanya, para ibu yang sedang memiliki anak, sering mengunggah resep masakan berupa menu mpasi anti gtm untuk bayi dibawah 2 tahun.
Dengan berbagai macam pilihan menu mpasi anti gtm yang sudah kita ketahui, kini dihadirkan kembali secara inovatif oleh tim Modena Indonesia. Maka, Orami mengajak para audiens yang terpilih untuk melakukan demo masak “Resep MPASI untuk si kecil”. Acara yang diselenggarakan turut menghadirkan Dr. Juwalita Surapsari, Sp. GK, M.Gizi dan Chef Odie Djamil.
menu mpasi anti gtm
 
Dr. JUWALITA SURAPSARI, Sp. GK, M.Gizi
 
Sebagai ahli gizi terkemuka di Rumah Sakit Pondok Indah, Dr. Juwalita memberikan pemaparan untuk MPASI adalah usia 6 bulan dengan memperhatikan kesiapan anak untuk MPASI. Salah satunya dengan menyanggah kepalanya. Sedangkan untuk kebiasan para ibu jaman sekarang, pada saat pemberian MPASI diawal adalah diberikan asupan buah-buahan. Padahal, pemberian asupan pertama kali yang baik adalah pemberian makanan sereal dan makanan padat yang lainnya. Hal tersebut akan merangsang pertumbuhan gigi pada gusi anak.
Beberapa ada juga yang menghindari pemberian protein hewani pada tahap awal. Langkah tersebut kurang benar, sebaiknya anak pada usia pengenalan awal MPASI sudah perlu diberikan gizi dari protein hewani yang tinggi kandungan omega 3. Ini juga akan berpengaruh pada tumbuh kembang otak anak di kemudian hari.

 

Baca juga : tempat makan mall taman anggrek

Sedangkan untuk pemakaian GULGAR (gula garam) seringnya para ibu menghindari penggunaan tersebut. Sebenarnya, untuk penambahan gulgar boleh-boleh saja. Karena anak memerlukan indera pengenal rasa untuk tumbuh kembangnya di kemudian hari. Asalkan. Pemberian gulgar pada saat MPASI tidak melebihi batas, secukupnya saja. Karena anak dalam tahap MPASI mampu mengenal rasa. Anak juga bisa membedakan mana makanan yang enak maupun makanan yang tidak enak.
 
CHEF ODIE DJAMIL
 
Sebagai chef yang sudah malang melintang di dunia masak-memasak, Chef Odie dengan senang hati membagikan beberapa resep rahasia di beberapa masakan. Seperti pada membuat masakan pada sayuran chinesse food yang cenderung lebih krunchy pada saat disantap di lidah, sebenarnya memiliki trik sederhana yang pastinya telah menjadi standart baku penerapan di semua restoran yang menyajikan menu chinesse food. Caranya terbilang sangat sederhana, yaitu dengan melakukan pembekuan sayuran di dalam freezer, kemudian mendinginkan pada suhu ruangan dan yang paling utama adalah memasukan sayuran ke dalam air rebusan yang telah mendidih selama 10-15 detik saja.
Chef Odie juga menekankan, untuk mencuci makanan seperti buah-buahan dan sayuran, sebaiknya dicuci dengan menggunakan air yang mengalir, jangan sampai mencuci menggunakan baskom yang telah diisi di dalam air. Hal ini mengakibatkan kotoran yang telah terlepas, akan kembali lagi menempel pada buah-buah maupun sayuran yang telah di cuci hingga bersih. Terlebih akan membuat sayuran menjadi lebih cepat layu.

 

menu mpasi anti gtm

 

Tanpa berlama-lama, Chef Odie mempraktikan kemahirannya dalam mengolah makanan dengan menggunakan peralatan dari Modena yang keren. Dengan resep yang sudah ada sebelumnya, Chef Odie memberikan inovasi pada resep menu yang biasanya sering diolah oleh ibu-ibu dalam membuat MPASI. Beberapa pertanyaan seputar pengganti bahan baku bisa saja digantikan dengan pertimbangan, mudah mendapatkan bahan baku untuk pengolahannya.
Nasi putih daging sapi edamame labu siam saus tomat adalah masakan pertama yang dipraktikan oleh Chef Odie. Untuk pembuatannya sangatlah sederhana. Cukup memasukan semua bahan-bahan ke dalam kukusan dengan dilapisi kain. Kain pelapis dalam kukusan ini bertujuan agar air yang dihasilkan dari uap panas dan menyebabkan embun, tidak berjatuhan kedalam masakan
yang sedang dalam kukusan.
Langkahnya hanya mengukus semua bahan seperti edamame, buah bit, labu siam kecil, tomat cherry. Sambil menunggu matang, bisa membuat nasi putih dengan air rebusan kaldu sapi hingga matang. Setelah semua matang, campur semua bahan yang telah matang dengan menambahkan EVOO (Extract Virgin Olive Oil). Sajikan.
Proses masakan kedua adalah membuat Apple pie cia pudding. Teknik olahan rahasia disini adalah pemotongan buah apel menjadi kotak-kotak lebih kecil, agar apel yang dikukus cepat masak. Dan yang paling penting, penyajian resep ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi satu hari setelah masuk kedalam almari pendingin.

Cara membuat menu mpasi anti gtm :

  1. Masukan buah apel matang potong dadu kedalam blender

  2. Campur susu kacang kedelai (bisa diganti ASI atau susu formula)

  3. Kayu manis

  4. Blender hingga lembut

  5. Beri topping chia seed

  6. Sajikan

 

Baca juga : rekomendasi kuliner terbaik

menu mpasi anti gtm

 

Resep ketiga adalah resep yang akan dipraktikan oleh semua para hadirin yang telah datang. Sebelumnya, Chef Odie memberikan contoh cara memasaknya terlebih dahulu yaitu membuat carrots and cheese crackers untuk bayi.
Langkah untuk membuat carrot and cheese sangatlah mudah. Mulanya, memanaskan oven terlebih dahulu hingga suhu 180derajat. Kita bisa melakukan hal lain dengan memulai blenching wortel yang telah dipotong halus selama kurang lebih 3menit, tiriskan dan peras hingga air yang terdapat pada wortel keluar semuanya, untuk hasil lebih maksimal menggunakan tissue makan, sisihkan. Selanjutnya memecah 2 butir telur ayam kedalam baskom dan kocok, masukan cheddar, wortel yang telah kering, bubuk oats, bubuk almond. Langkah terakhir adalah mencetak adonan dalam bentuk bulat pipih setebal 1,5cm, masukan ke dalam oven dan panggang hingga 15menit atau sampai adonan tidak mentah. Sajikan.
 
menu mpasi anti gtm
cara memasak

 

Meskipun cara membuat menu mpasi anti gtm terlihat sangatlah mudah, namun bagi saya pribadi untuk hasil rasa yang terakhirlah yang semestinya harus “pas” sesuai rasa, tidaklah cukup hanya dari penampakan luar yang terlihat bagus, namun di dalam, bahan masih mentah. Sejatinya, memasak memang harus butuh effort yang nyata untuk menghasilkan tampilan yang indah dipandang maupun rasa yang begitu nikmat. 
Setelah seluruh rangkaian acara selesai, para hadirin melakukan sesi foto bersama. Banyak sekali hal yang belum saya ketahui tentang dunia memasak. Namun, dari sinilah saya paham, bagaimana cara mengolah masakan supaya tepat hasilnya.

 

hasil masakan