ENDRALIA

Lifestyle Blogger

26 Mei 2020

Cara menaikkan domain authority super cepat

Cara menaikkan domain authority super cepat banyak sekali diburu oleh para blogger, tak terkecuali saya pribadi. Setelah menekuni blog yang serius selama kurang lebih dua tahun, banyak sekali ternyata cara untuk meningkatkan domain authority blog kita. Setelah mencoba memahami berbagai cara melalui google, akhirnya saya menemukan cara menjadikan domain authority meningkat dengan mudah dan praktis. Yang pastinya, dibimbing oleh pelatih ternama Mas Irwin dan Mas Punto. Selama satu bulan penuh, mereka membuka kelas gratis MLM untuk belajar tips dan trik agar domain authority blog kita bagus di mesin pencarian.

Meskipun beberapa hal yang sudah saya ketahui sebelumnya tetap diajarkan satu persatu, namun ternyata banyak sekali soal ngeblog yang rupanya masih belum saya ketahui setelah lama lalu lalang di dunia blogging. Nyatanya, untuk mendapatkan nilai fantastis dari domain authority sendiri, perlu seribu langkah cara. Mau sebagus apapun bentuk blog kita, kalau nilai domain authoritynya rendah, yaa tetap rendah nilai blog kita di mesin pencari. Intinya, perlu effort dan ketekunan yang berlebih. Seperti pepatah :

” Barang siapa menanam, pasti akan menuai “

Sebelum menjelaskan cara menaikkan domain authority, saya beri pengertian terlebih dahulu apa itu domain authority.

Penjabaran domain authority

Domain authority adalah salah satu acuan dasar untuk mesin pencari dalam memberikan peringkat terhadap situs website atau blog. Jadi, mesin pencari ini, memberikan penilaian pada website atau blog kita, mengacu dari beberapa hal seperti usia domain, isi domain (sering disebut isi konten) dan popularitas domain di mesin pencari.

Baca juga : lebih baik wordpress atau blogger ?

Untuk pemanasan bagaimana nilai situs kalian (blog atau website) bisa di cek pada Seoptimizer. Disana kalian dijelaskan bagaimana nilai blog atau website secara terperinci. Mulai dari SEO, Performa, Usability, Social Media dan Keamanan semua terjabarkan secara lengkap. Jadi, kalian bisa lihat dimana letak kekurangan dan kelebihannya.

Gimana hasilnya ? Sudah cukup membuat pusing dan syok ? Tenang, kalian tidak sendiri. Pemanasan kelas cara menaikkan domain authority yang diberikan oleh Mas Irwin dan Mas Punto baru dimulai. Sekarang kita lanjut ketahap berikutnya, yuk!

Sebelum masuk ke hal paling krusial dari meningkatkan domain authority, kalian harus paham dulu fungsi dari google analytic dan google search console. Keduanya memiliki fungsi menampilkan grafik trafik pada blog atau website. Perbedaannya jika Google analytic menampilkan seluruh trafik baik dari search engine, advertising, direct hingga sosial media, Google Search Console sendiri menampilkan hanya dari segi search engine saja.

Kalian bisa mendaftarkan email ke Google Analytic dan Google Search Console untuk memasukan directory blog atau website kalian.

Pemahaman SEO

Setelah paham Google Analutic dan Google Search Console, mari kita lanjutkan ke tahap cara menaikkan domain authority melalui SEO.

Baca juga : alasan tidak tertarik membaca blog

cara menaikkan domain authority
pexels

SEO adalah optimasi pada website yang relevan dengan pencarian orang-orang menggunakan kata kunci tertentu. Nah, untuk membuat website atau blog kita memiliki nilai domain authority yang tinggi, kita harus menerapkan SEO ini. SEO sendiri terbagi menjadi dua. Yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Beberapa dari kalian pasti sudah pernah mendengar perihal tentang SEO. Banyak yang bertanya, SEO ini penting atau tidak ? Jawabannya, ya! penting sekali! Karena, SEO ini jantungnya sebuah website atau blog itu sendiri. Tanpa SEO, blog atau website akan berjalan seperti zombie. Berikut, akan saya jabarkan SEO agar lebih paham.

SEO On Page meningkatkan domain authority

Keyword

Pikirkan secara matang untuk penulisan artikel dengan keyword yang dituju. keyword hanyalah satu dalam satu artikel.

Search Volume

Ingin mengetahui seberapa banyak pesaing yang akan kita tuju, yaitu menggunakan keyword research. Kalian bisa mengeceknya seperti di situs ahrefs, ubbersugest dan moz.

Baca juga : cara menghubungi content writer

Kompetisi (cek allintitle)

Cara sederhana mengecek kompetisi pada mesin pencari (google, safari, opera dan yang lainnya) dengan menulis kata allintittle:keyword. Akan menampilkan seberapa banyak hasil keyword yang ingin dicari di mesin pencari

KEI (Keyword Effectiveness Index)

Cara menghitungnya cukup mudah:

SV*SV/allintittle

*note: SV (search volume)

Keyword pada judul

Keyword yang diletakan pada judul sebaiknya di awal dan judulnya (meta tag tittle) jangan lebih dari 55 karakter

Keyword pada permalink

Terdapat keyword pada permalink (url) dan sebaiknya tidak lebih dari 75 karakter

Keyword pada deskripsi

Meta diskripsi ini, harus terdapat keyword minimal satu, namun alangkah lebih bagusnya dilakukan pengulangan hingga dua kali dan panjangnya tidak lebih dari 155 karakter

Keyword pada paragraf utama

Pasti kalian sudah tahu, harus meletakan keyword di paragraf utama. Minimal 150 karakter diawal paragraf utama.

Keyword pada gambar

Keyword pada gambar harus dimasukan. Jangan sampai gambar yang diunggah tertulis DSC2033347jpg

Tittle dan ALT Image, Video

Masukan keyword pada tittle dan ALT gambar atau video. Ingat, google tidak bisa membaca gambar atau video.

Baca juga : toko online terpercaya

Jumlah kata lebih dari 600

Untuk seorang blogger, 600 kata adalah hal lumrah dan wajib, tidak dipungkiri lagi.

Link Internal

Memasukan link internal kedalam artikel juga wajib hukumnya

External link

Meskipun harus memberikan external link, usahakan maksimal 2 external link dalam satu artikel, ya!

H1, H2, H3

Penting yaa ini ? Yup! Sering sekali, menambahkan H1, H2 dan H3 terlupakan. Padahal di mesin pencari, hal ini sangat penting. Contohnya :

H1 : Hanya untuk judul

H2 : Bab

H3 : Pembahasan

cara menaikkan domain authority kelas
pexels

LSI Keyword

Gunakan padanan kata yang tersedia pada google, ini mencegah untuk keyword spamming

Share sosial media

Yang paling penting adalah membagikan artikel yang kita tulis ke sosial media, tanpa membagikan, artikel kita lebih sulit dikenal oleh orang lain.

Google Search Console dan Google Analytic

Setelah artikel selesai, submit ke bagian search console dan terakir lihat hasil trafiknya pada google analytic

SEO Off Page meningkatkan domain authority

Backlink

Hal yang paling sering kita lakukan adalah melakukan backlink dengan cara blogwalking. Kalian bisa juga melakukan backlink ini dengan cara menanamkan anchor text ke domain-domain besar yang sudah terpercaya. Bisa berupa artikel, profile atau berbagai cara yang disediakan oleh domain besar tersebut.

Baca juga : apa itu personal blogger ?

Kesimpulan kelas cara menaikkan domain authority

Setelah kita mengetahui penjelasan secara detail dan terperinci di atas, kita bisa tahu efek untuk blog kita, pastinya, nilai domain authority kita jadi meningkat dan lebih dikenal oleh mesin pencari. Keangkut beberapa job yang biasanya menargetkan hasil domain authority.

Untuk kelas yang diberikan oleh Mas Irwin dan Mas Punto pasti ada poin plus dan minusnya. Poin plusnya seperti kita diberikan materi dengan bahasa penyampaian sehari-hari, jadi sangat mudah dipahami dan bisa langsung di praktekan secara langsung. Mereka juga dengan senang hati menjawab pertanyaan-pertanyaan dasar kita yang memang sangat awam dan tidak pernah menolak menjawab meskipun pertanyaan sering diulang-ulang. Dan yang paling penting, mereka selera humornya tinggi. hahaha (sampai kebawa ketulisan). Jujur, dalam belajar pasti ada rasa lelah jika kita bingung dengan materi banyak yang harus dipahami dalam waktu sekejap. Tapi, mereka membuat kelas menjadi santai, nyaman, renyah dan banyak bahan untuk canda tawanya supaya materi terasa ringan untuk dipahami. Minusnya sebenarnya kurang lama kelasnya (hehe)

Demi kebaikan kedepannya, saran dan kritik lebih kearah waktu yang diberikan. Kadang, karena saking sibuknya mereka, jika ada pertanyaan tidak bisa langsung terjawab. Meskipun pada akhirnya bisa terjawab, tapi waktu yang dibutuhkan mereka paling lama membalasnya setengah jam. Untuk tipe orang-orang yang kurang sabaran, mungkin tidak akan bisa membuat sedikit lebih bersabar menunggu jawaban pastinya. Disarankan untuk cepat merespon jika ada pertanyaan meskipun pekerjaan utama mereka juga sangat penting.

Mungkin inti kesimpulan dari kelas cara menaikkan domain authority lebih kepada kesabaran untuk mempraktekan secara langsung dan melihat hasilnya tidak dalam waktu dekat. Butuh waktu untuk merubah angka domain authority agar bisa melejit.

Jadi, masih belum berminat untuk belajar cara menaikkan domain authority ?

Baca juga : cara membuat teknologi website terbaru

SHARE:
technology 10 Replies to “Cara menaikkan domain authority super cepat”
Lya Amalia
Lya Amalia

COMMENTS

10 thoughts on “Cara menaikkan domain authority super cepat

    Author’s gravatar

    Ajib bener memang kelasnya mbak. Alhamdulilah Da kecil naik nih jadinya. Semangaattt. Hehehehe

      Author’s gravatar

      betul banget mba… semoga bisa langsung meroket terus juga buat mba.. hihihi

    Author’s gravatar

    Secara garis besar isi tulisannya sudah pernah saya baca dan jalankan tapi ada beberapa hal detail yang belum saya perhatikan selama ini ternyata. Contohnya estimasi karakter peletakan keyword pada paragraf awal, jumlah karakter judul dan meta deskripsi.

    Thanks for ur post mba, keep blogging!

      Author’s gravatar

      thankyou 🙂

      sayapun juga masih newbie ini dalam menaikan domain authority

    Author’s gravatar

    Yg paling susah sebenarnya memerangi rasa malas, kuncinya cuma satu MAU aja hehehe

      Author’s gravatar

      MAU sekarang atau besok, tergantung NIAT *hyaaaa

    Author’s gravatar

    Bisa naik DA dari 5 ke 15 selama sebulan itu KerenG banget, selamat yah mba. Kelasnya Mas Irwin dan Mas Punto luarbiasa

      Author’s gravatar

      mbak yhanty juga uda naik cepet tanpa turun…. manteeebbb… tetep semangat mba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *