Konsep desain rumah minimalis untuk pengantin baru

Konsep desain rumah minimalis untuk pengantin baru

Desain rumah minimalis untuk pengantin baru saat ini ternyata sudah ngetrend di kalangan generasi milenial. Para generasi milenial saat ini yang sudah cenderung “lebih kritis” jauh-jauh hari sebelum menikah, sudah merencanakan anggaran terlebih dahulu untuk membeli rumah. Tak jarang jika mereka rela menghemat pengeluaran uang kesenangan untuk menabung demi menimang rumah impian yang bisa ditinggali bersama pasangan. Tak heran, jika developer saat ini membidik pembangunan rumah dengan konsep minimalis.

Banyak sekali para calon pembeli rumah baru biasanya kurang memahami apa yang harus dilihat dari segi bangunan untuk sebuah rumah. Hampir sebagian mengejar harga murah untuk bisa memiliki rumah. Selain itu, faktor lokasi strategis menjadi pilihan kedua paling banyak. Di posisi ketiga terdapat pilihan desain rumah yang menjadi incaran. Selain itu, untuk bisa menimang rumah baru, sebaiknya kalian memahami beberapa hal yang menjadi faktor utama.

Kriteria utama membeli rumah baru:

  • Sertifikat

  • Bahan bangunan

  • Sirkulasi udara

  • Tempat pembuangan sampah

  • Toilet

Banyak sekali yang tidak melihat kriteria diatas karena tertutup dengan “harga murah” dan “diskon besar-besaran”. Trik marketing untuk menarik calon pembeli memang terlihat menggiurkan. Apalagi jika kita sebagai pasangan pengantin baru dimana tabungan untuk membeli rumah belum bisa mencover segalanya.

Namun, dibalik itu semua, kita harus sadar dan paham betul jika ingin memiliki rumah baru. Paham jika membelinya dengan sistem cicilan KPR. Paham jika pengeluaran untuk cicilan lebih baik maksimal 30% dari total penghasilan pasangan. Jangan sampai memaksakan kehendak untuk menyicil namun membuat kondisi keuangan berdarah dan tambal sana sini.

Baca juga : investasi generasi muda paling diminati

Setelah melihat semua kriteria rumah yang ingin dibeli seperti apa, larinya pasti akan ke desain rumah. Kenapa ? karena, desain rumah itu ibarat identitas pemilik rumah. Ada yang desain rumahnya mewah tapi terlihat kumuh, ada juga yang desain rumahnya minimalis namun terlihat asri dan indah. Jadi, desain rumah sebenarnya bukan kunci utama untuk membeli rumah namun, menjadi patokan pribadi pemilik rumah itu sendiri.

Apalagi untuk seorang pasangan pengantin baru. Desain rumah menjadi pilihan terakir setelah harga yang masuk akal di urutan pertama ketika akan memiliki rumah. Pengantin baru seringnya akan mencari desain rumah minimalis untuk awal memiliki rumah. Lantas, bagaimana caranya untuk mengkonsep desain rumah minimalis untuk pengantin baru ? Simak tipsnya berikut ini, ya!

konsep desain rumah minimalis untuk pengantin baru

Konsep desain rumah minimalis untuk pengantin baru :

Tata letak ruang multifungsi

Kalau ada yang melihat desain rumah minimalis, biasanya beberapa ruangan bisa di multifungsikan menjadi satu. Itu digunakan untuk mengurangi adanya pemborosan ruangan yang tidak terpakai. Biasanya ruangan yang dijadikan satu adalah ruang kamar tamu, ruang keluarga dan ruang makan. Selain karena menghemat anggaran pembangunan, ruangan tersebut lebih sering dipakai jika sudah berkumpul dengan anggota keluarga. Kebiasaan dari orang Indonesia, pada saat makan bisa digunakan dengan menonton televisi sembari bersantai. Jika ruang tamu seringnya diletakan di teras rumah. Selain menghindari hal yang tidak diinginkan (jika tamu tidak dikenal melihat isi rumah), ruang tamu di jaman sekarang juga jarang digunakan karena beralih ke cafe atau tempat tongkrongan sejenisnya jika ingin bertemu teman.

Tidak terlalu besar ruangannya

Tidak salah lagi jika ruangan yang disediakan memang tidak terlalu besar. Selain ruangannya tidak besar, desain rumah minimalis memang mementingkan aktivitas sederhana di dalam rumah. Tidak menuntut untuk beraktivitas dalam jumlah banyak orang dan aktivitas yang berlebih.

Baca juga : tips supaya tidak merasa bosan dirumah 

Memegang konsep rumah sehat

Rumah dengan desain minimalis biasanya menerapkan konsep sehat. Konsep sehat disini adalah memiliki kondisi sirkulasi udara yang baik. Jadi, rumah tidak pengap dan lembab jika dalam keadaan tertutup. Jauh dari kondisi berjamur. Hemat penggunaan listrik juga disaat siang hari.

Namun, kekurangan dari rumah ini adalah debu yang masuk ke dalam rumah cukup banyak dan memaksa pengguna rumah harus rajin membersihkan rumahnya supaya tidak berdebu dan bersarang.

Jumlah rumah lebih sedikit

Hampir semua, rumah dengan desain minimalis memiliki jumlah kapasitas yang relatif sedikit. Tidak seperti komplek villa yang memiliki desain luas dan dalam jumlah yang banyak. Selain itu, untuk penempatan rumah juga tidak terlalu jauh jaraknya.

Jauh sebelum adanya desain rumah minimalis untuk pengantin baru, sebetulnya orang jaman terdahulu sudah menerapkannya. Namun, karena pada saat itu jumlah penduduk masih sedikit dan luas tanah juga tidak terhitung, maka rumah terlihat luas, sehingga belum bisa dikatakan sebagai rumah minimalis. Di dukung dengan perkembangan zaman dan teknologi, desain rumah menjadi berubah. Yang semula memiliki halaman luas di depan rumah, kini mulai bergeser. Orang cenderung meminimalisir lahan luas yang tersisa untuk pekarangan. Selain kurangnya waktu untuk merawat pekarangan, lahan yang luas kini menjadi beban pembayaran pajak untuk pemilik rumah pribadi.

Jadi, untuk memiliki rumah yang bagus memang tidak perlu harus yang luas dan besar. Cukup dengan rumah minimalis yang bersih dan rapi. Keluarga kecil pengantin baru pasti akan senang.

Nah, bagaimana dengan kalian ? desain rumah apa yang kalian minati ?

Baca juga : desain rumah untuk gaya hidup sederhana