Kegiatan yang membuat tidak merasa bosan dirumah

Banyak sekali kegiatan yang membuat tidak merasa bosan dirumah, menjadikan kita tidak merasakan bahwa sudah memasuki hampir akhir bulan Maret. Kali ini beberapa kegiatan yang terpaksa tertunda akibat serangan virus corona atau bisa disebut covid-19. Aktifitas keluar rumah jadi terhenti semenjak ultimatum larangan keluar rumah per tanggal 13 Maret 2020. Artinya, sudah dua minggu #dirumahaja.

Banyak yang mengeluh soal terbatasnya ruang gerak kali ini. Termasuk Saya sendiri. Kalau dibilang jenuh banget yaa pasti, tapi unfortunately tidak sendiri. Semua orang juga mengalaminya.

Nah, rencana supaya tidak merasa bosan dirumah sebenarnya sangat sederhana, yaitu dengan melakukan kegiatan #dirumahaja. Banyak sekali kegiatan-kegiatan dirumah yang bisa kita lakukan. Kegiatan ini bisa dikerjakan oleh Ayah, Ibu, Anak secara mandiri ataupun bersama-sama.

pexel

Kegiatan apa saja agar tidak merasa bosan dirumah ?

Hal paling sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan kegiatan seperti

  1. Membersihkan rumah. Coba cek diri kalian masing-masing. Dalam waktu satu bulan ini, sudahkah kalian menyapu, mengepel atau membersihkan kaca rumah ? Jika belum, coba kalian mulai merapikan rumah. Hitung-hitung menghilangkan debu-debu yang sudah lama menempel. Coba tengok sudut-sudut tembok rumah, masih adakah kotoran yang menyangkut disana ? Cek juga meja belajar, bawah tempat tidur, kaca jendela, masih adakah debu-debu disana ? Jika masih, segera bersihkan. Ini saat yang tepat membuat waktumu lebih bermanfaat untuk menciptakan rumah yang bersih.
  2. Rapikan lemari baju. Sering ngerasa baju di almari sudah penuh sesak ? Atau pengen mengganti model-model baju yang lama ? Bisa sekali kalian mulai menata ulang kembali baju-baju yang ada di almari. Memilah-milah baju yang sudah tidak terpakai, bisa jadi ladang amal kalian untuk dibagikan ke orang yang kurang mampu setelah virus corona berlalu.
  3. Masak. Ya! Semua bisa masak. Entah masak air atau masak mie instan atau sekedar goreng telur. Pasti semua bisa masak. Buat para perempuan, memasak seperti kegiatan wajib yang pasti dilakukan. Tetapi untuk kaum adam, memasak menjadi hobi tersendiri. Jadi, jika bisa melakukan kegiatan memasak menjadi ajang bakat untuk pamer di media sosial, bisa jadi nilai plus untuk diri sendiri membuktikan bahwa kamu punya bakat.
  4. Menonton serial televisi atau film. Aplikasi sekarang sudah canggih dan banyak sekali menyediakan jasa serial televisi atau film. Baik itu dari tahun yang baru hingga tahun-tahun terdahulu. Menonton menjadi alternatif terbaik untuk mengatasi agar tidak merasa bosan dirumah. Jika masih merasa jenuh dengan semua genre film atau serial yang disajikan, kalian bisa menyasar pada salah satu aktor atau aktris yang mempunyai daya tarik untuk membuat kalian menonton film atau serial tersebut.
  5. Olahraga. Hohohohoho. Siapa yang jarang atau bahkan lupa olahraga saking banyaknya aktifitas ? Jika belum merasakan seringnya olahraga, coba, disaat-saat seperti ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan pemanasan dan peregangan otot. Supaya daya tahan tubuh tetap kuat. Olahraga di dalam rumah sangat banyak dan beragam. Kalian bisa melakukan push up, plank, naik turun tangga, squat, atau jenis olahraga lainnya yang ringan dan murah agar tidak merasa bosan dirumah.
  6. Perawatan badan. Percayalah kalian, Saya semenjak menjadi ibu, hal yang paling dirindukan adalah melakukan perawatan badan. Perawatan disini bisa seperti maskeran, luluran, hair mask, ngerawat muka. Semenjak ada anak, bisa melakukan ritual perawatan badan adalah hal yang mewah. Di saat-saat seperti ini adalah waktu yang tepat supaya tidak merasa bosan dirumah adalah nikmatilah dengan santai dan rileks saat melakukan investasi perawatan badan.
  7. Makan. Maka nikmat mana lagi yang kalian dustakan ? Perut kenyang adalah dambaan bagi orang-orang diluar sana yang kurang mampu membeli kebutuhan sehari-hari. Maka, ini adalah waktu yang sangat tepat untuk melahap habis masakan istri, masakan ibu atau masakan mbak supaya tidak merasa bosan dirumah. Tapi ingat! Jangan serakah makan, yang ada, setelah virus corona berlalu, berat badan malah naik. Kacau jadinya
  8. Main Game. Aplikasi game di ponsel sekarang jumlahnya sudah ribuan. Banyak sekali yang menyajikan secara gratisan atau berbayar. Tinggal pilih saja cocoknya yang game apa. Jika telaten, kalian bisa sampai berlevel-level mainnya.
pexel

Kapan waktu yang tepat melakukan kegiatan agar tidak merasa bosan dirumah ?

Well, sebenarnya ini tergantung pada diri pribadi kalian masing-masing. Bisa juga dilakukan langsung setelah bangun tidur – siang hari – bahkan di malam hari.

Bagaimana jika sudah terlalu jenuh dirumah ?

Hmmm… ini menarik. Faktanya, bukan kalian saja yang sudah jenuh berada di rumah berhari-hari tanpa adanya kegiatan yang membuat kita sebagai manusia sosial, berinteraksi dengan sesama manusia. Saya pun juga merasa sudah jenuh jika kondisi mengharuskan untuk tetap dirumah.

Satu-satunya cara yang bisa dilakukan cuma, bikin kegiatan yang menyenangkan seperti main tik-tok, selfie atau mencoba berperan seperti artis sinetron dengan direkam. Dijamin, saat melihat ulang memainkan drama layaknya artis sinetron, kalian akan tertawa melihat wujud diri sendiri bersandiwara.

Jadi, kalian ada saran supaya tidak merasa bosan dirumah ? Bagi pengalaman kalian saat-saat haru dirumah karena wabah corona ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *