10 Rekomendasi jajanan khas solo wajib dicoba

Stay at home kali ini, membuat saya merasakan dampak untuk stop mengkonsumsi jajanan khas solo wajib dicoba. Sedih sih, tapi demi kesehatan keluarga tercinta, mengerem untuk membeli jajanan yang mengenyangkan perut untuk saat ini memang perlu.

Tapi, prakteknya, keadaan dirumah terus membuat ide untuk melakukan hal yang biasanya bisa dilakukan dengan bebas, menjadi ragu.

Di situasi seperti ini, lebih baik memang berdiam dirumah dan mencari kesibukan yang banyak saat dirumah. Seperti membuat list untuk kuliner di kota solo setelah virus corona ini berakhir.

Lalu, jajanan khas solo wajib disolo sepergi apa ?

pexels

Jajanan khas solo wajib dicoba

1. LENJONGAN

Nih, yang suka banget sama camilan pake topping kelapa parut, wajib mencoba lenjongan. Ini jajanan yang banyak banget dijual di pasar-pasar. Jenisnya juga banyak. Ada klepon, cenil, ketan ireng, gendar ijo. Kalian bisa menikmati lenjongan ini cuma dengan merogoh kocek minimal lima ribu rupiah saja.

2. LEMPER

Generasi milenial sekarangpun kalau disuguhkan lemper pasti nggak nolak. Adonan yang terbuat dari ketan berisi daging ayam cincang ini, mampu membuat pecinta ketan menjadikan jajanan khas solo wajib dicoba. Selain rasanya lengket dan manis, lemper sering menjadi andalan sajian di box snack setiap acara.

3. AREM-AREM

Kalau jepang punya sushi, orang solo punya arem-arem. Yap! Jajanan satu ini menjadi andalan praktis sebagai pengganti nasi. Gimana nggak, selain simpel, arem-arem yang terbuat dari nasi berisi daging ayam dan ati ayam dengan rasa pedas yang dibungkus daun pisang, bisa bertahan di suhu ruangan kurang lebih 12jam. Kalau lagi berlibur, arem-arem cocok banget dijadikan bekal sebagai pengganti nasi dan lauk.

 

pexels

4. SOSIS BASAH

Sosis satu ini, cuma bisa ditemukan di wilayah solo. Saya pernah cari-cari sosis basah diluar wilayah solo, susah. Susah cari rasa yang cocok. Sosis basah ini, kulitnya terbuat dari telur dan isinya dari daging ayam dengan bumbu merica. Memasaknya cuma dikukus. Rasanya enak banget. Sayangnya, sosis basah ini jarang bisa bertahan lama, jadi paling enak dinikmati pas lagi panas.

5. KLENYEM

Yang lagi ngetrend dan hits di jaman sekarang adalah brown sugar bukan ? Sebelum ngetrennya brown sugar, ternyata klenyem sudah terdahulu menggunakan bahan brown sugar sebagai isi klenyem. Klenyem sendiri terbuat dari singkong yang dikukus. Soal rasa ? Jangan ditanya. Pasti enak! Apalagi pecinta rasa manis. Yummy!

6. LENTHO

Jajanan khas solo wajib dicoba satu ini, terbuat dari kacang tolo dan singkong dicampur dengan bumbu rempah kunyit. Kalau ditanya soal rasa, buat penggemar rempah-rempah pasti sangat suka. Lentho bisa kalian temukan dengan mudah di warung makanan yang menjual soto.

Cari : Makanan wajib dicoba di Solo

7. TIMUS

Penyuka jajanan manis alami, wajib menikmati jajanan khas solo ini. Timus yang berbahan dasar ketela ungu dan digoreng ini, mampu membuat kita terlena dengan kearifan lokal yang mampu dibuat menjadi bahan pangan alami. Timus biasanya dijajakan dengan minimal seharga seribu rupiah.

8. APOLLO

Banyak sekali yang penasaran dengan jajanan khas solo ini. Salah satunya adalah apollo. Jajanan khas solo wajib dicoba ini, mudah dicari pada saat malam hari di hik (angkringan). Jajanan yang terbuat dari jadah bakar dengan rasa coklat jadul di dalamnya, mampu menbuat lumer dimulut saat jadah dinikmati selagi hangat. Jajanan ini, mesti kalian coba dan jangan sampai terlewatkan.

9. PISANG OWOL

Terdengar asing dan lucu bukan namanya ? Ya! Pisang owol ini termasuk ke dalam daftar rekomendasi jajanan khas solo wajib dicoba. Kamu bisa menemukan pisang owol ini pada waktu malam hari. Kenapa musti malam hari ?  Karena pisang owol dijual pada saat hik (angkringan) dibuka dan tempat berjualannyapun tidak sembarangan. Jajanan yang berbahan dasar pisang kemudian dibakar dan diberi topping coklat dengan rasa jadul, mampu dinikmati dimalam hari bersama secangkir kopi hangat.

pexels

10. LEKER

Makanan khas satu ini wajib kalian coba saat berkunjung di kota solo. Banyak sekali leker dijajakan di depan sekolah-sekolah, mall, stadion, bahkan beberapa cafe memasukan leker kedalam daftar menu favorit. Teksturnya yang kering dan crispy, membuat enak dilahap saat panas-panasnya. Untuk rasa tersedia berbagai macam. Tapi kalau menurut saya paling enak tetap rasa coklat pisang keju. Soal harga jangan ditanya, minimal tiga ribu rupiah bisa mencicipi betapa enaknya leker solo.

Banyak sekali bukan jajanannya khas solo ? Selain murah meriah, jangan takut gemuk untuk menikmatinya. Karena jajanan ini terbuat dari bahan alami yang diolah dengan cita rasa bumbu tradisional rempah-rempah.

Kalian sudah coba jajanan khas solo yang mana nih ?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *