Rekomendasi makanan wajib dicoba di solo

Rekomendasi makanan wajib dicoba di solo

Saat ini adalah saat yang tepat buat para pecinta kuliner untuk membuat daftar list makanan wajib dicoba di solo. Tinggal dirumah saja kali ini bukan berarti banyak menghabiskan waktu untuk melakukan hal yang sia-sia. Bisa juga melakukan banyak kegiatan seperti menyusun anggaran pengeluaran untuk pergi traveling setelah pandemi virus corona berlalu. Pastinya, jangan lupa untuk menyelipkan daftar wajib kuliner yang pasti harus dinikmati.

Traveling disini bukan berarti harus berpergian dalam jarak yang amat jauh di luar negeri. Cukup menikmati keindahan alam Indonesia saja sudah membuat diri kita refresh, perut kenyang dengan berbagai makanan khas daerah dan tentunya, uang untuk pengeluaran juga tidak sebanyak saat kita berpergian keluar negeri. Setuju ?

Terlintas dari beberapa postingan teman-teman selama berada di rumah, kebanyakan kegiatan berada dirumah dihabiskan di dapur. Hmmm… dalam keadaan apapun, memang perut adalah tujuan utama keberlangsungan makluk hidup untuk bertahan. Saya jadi ingat sendiri, bagaimana dipenghujung tahun 2019 kemarin membuat daftar list untuk bisa menghabiskan tahun 2020 untuk menikmati kuliner dari solo. Sayangnya, karena virus corona saat ini, menggagalkan daftar keinginan list saya untuk mencoba menikmati cita rasa makanan khas solo.

Setelah tiga minggu sudah berada di rumah saja tanpa pergi kemanapun, kayaknya, Saya mau berbagi rekomendasi daftar list kuliner yang nantinya akan saya nikmati. Semoga, rekomendasi kuliner Saya kali ini, tepat sasaran untuk teman-teman yang mau berkunjung ke kota solo dan mencobanya setelah virus corona berlalu.

makanan wajib dicoba di solo lya amalia
pexels

Apa saja makanan wajib dicoba di solo ?

1. SATE KERE

Sate khas solo ini, harus masuk ke dalam daftar list utama kalian untuk makanan wajib dicoba di solo. Sate yang berasal dari tempe gembus ini, mampu membuat penikmat sate merasakan sensasi yang unik saat mencicipi. Saus sambal kacang yang dihasilkanpun paling enak dengan rasa pedas meskipun ada rasa biasa. Untuk pecinta vegie, sate kere tidak jadi masalah karena proteinnya berasal dari nabati.

2. TENGKLENG

Siapa yang nggak suka daging kambing ? Buat pecinta daging kambing, menikmati tengkleng adalah kenikmatan tersendiri. Kenapa ? Karena tengkleng ini berbahan dasar utama tulang kambing dan bumbu kuah rempahnya yang maknyuss. Selain gurih, tengkleng juga dipatok dengan kisaran harga seporsi minimal dua puluh ribuan saja. Gimana ? Tertarik mencoba daging kambing plus tengkleng ?

3. CABUK RAMBAK

Makanan jadul satu ini, sudah jarang sekali ditemukan di area kota solo. Hanya di tempat-tempat tertentu yang menjual cabuk rambak. Makanan wajib dicoba di solo yang khas ini, dicampur dengan cabuk berwarna hitam, mampu menambah kenikmatan lidah saat mencicipi. Dengan harga minimal lima ribu rupiah seporsi, tidak akan membuat kantong jebol. Apalagi rasanya pedas.

4. PECEL NDESO

Jika kalian pagi-pagi ingin menikmati kenyang hakiki, bisa menikmati pecel ndeso ini sembari menyruput hangatnya teh khas solo. Gimana tidak, pecel ndeso yang dipatok seharha enam ribu seporsi mampu membuat sehat tubuh. Isinya berupa nasi merah dan aneka sayuran seperi bunga turi, kenikir, daun pepaya, kacang panjang, bayam, daun singkong serta saus dari sambal kacang.

Tips: oleh – oleh khas solo

5. SEGO KUCING

Pasti semua sudah tahu kalau sego kucing ini bisa di nikmati disemua tempat. Nasi yang disajikan dengan lauk ikan bandeng dan sambal mampu membuat rasa lapar kita berkali lipat. Apalagi kalau makannya sembari lesehan di angkringan dan duduk bercengkerama bersama teman-teman menikmati kegiatan kota solo di malam hari. Makanan wajib dicoba di solo ini memang tidak ada tandingannya.

makanan wajib dicoba di solo sweetofamalia
pexels

6. BAKMI JOWO

Malam hari lapar dan turun hujan ? Saatnya memburu makanan wajib dicoba di solo. Apalagi kalau bukan bakmi jowo. Dibeberapa tempat, bakmi jowo menyajikan kuahnya yang berwarna coklat manis. Sedangkan di beberapa tempat lain juga menyajikan kuah dengan warna putih bening. Isi mie yang tebal disertai potongan sayur mayur, mampu membuat kenikmatan tersendiri bagi para pecinta mie.

7. GENDAR PECEL

Lapar ? Tapi pengen makanan sehat ? Tapi makanannya khas solo ? Solusinya cuma makan gendar pecel. Nasi yang terbuat dari lontong, ditemani dengan sayur mayur seperti tauge, kacang panjang, daun bayam, kenikir dan mentimun serta ditaburi saus sambal kacang, mampu menjadikan perut kenyang dan badan sehat.

8. SELAT SOLO

Siapa yang gak tahu selat solo ? Makanan khas solo satu ini mesti jadi makanan wajib dicoba di solo. Selain menjadikan menu empat bintang, selat solo mampu menjadikan ciri khas tersendiri bagi penikmatnya. Rasa kuahnya yang manis, mampu menjadikan selat solo bisa dinikmati oleh pecinta kuliner di segala penjuru.

9. BUBUR LEMU

Bukan berarti menikmati bubur lemu akan menjadi lemu (gemuk) loh! Bubur lemu ini menjadi ciri khas sejak jaman dahulu karena nasi bubur disajikan dengan kuah santan. Rasanya ? Gurih! Tak hanya itu, lauk yang disajikan juga bermacam-macam.

10. NASI LIWET

Makanan wajib dicoba di solo ini adalah nasi liwet. Ini menjadi pilihan utama saat kamu berada di kota solo. Bagaimana tidak, nasi yang dicampur dengan santan menghasilkan rasa gurih dicampur dengan topping ayam suwir (potong kecil-kecil), teluh putih dan telur kuning yang dipisah serta sayur goreng jepan.

Tips: minuman wajib dicoba

11. BRAMBANG ASEM

Siapa yang tak kenal dengan makanan brambang asem ? Makanan ini, menu utama yang paling enak disantap saat siang hari. Rasa pedas dari bumbu asam manis serta bawang merah mampu meningkatkan selera makan. Apalagi pelengkapnya menggunakan sayur kangkkung kukus (biasanya bisa diganti dengan daun ketela atau daun bayam). Nasi satu piring, akan nambah sampai dua piring. Nikmat! Dan harga yang didapat sangat ramah dikantong. Ini menu makanan wajib dicoba di solo yang bisa Saya rekomendasikan kepada tamu yang datang ke solo.

Beberapa makanan wajib dicoba di solo yang bisa Saya rekomendasikan kepada kalian semuanya. Mungkin, kalian bisa memberikan ide makanan kuliner yang lain ?