Rekomendasi terbaik minuman wajib dicoba di solo

Rekomendasi terbaik minuman wajib dicoba di solo

Ceritanya, Saya punya temen baru yang dari Jakarta, dia berencana untuk liburan ke kota Solo, tentunya pengen cobain minuman wajib dicoba di solo. Nah, berhubung sedang ada wabah virus covid-19 kali ini, otomatis perjalanan yang sudah direncanakan gagal sudah. Tiket perjalanan dan penginapan terpaksa di reschedule. Padahal, sudah dari akir tahun 2019 kemarin, teman saya ini sudah merencanakan liburannya ke kota Solo.

Saya sebagai tuan rumah, tentunya nggak tanggung-tanggung dong, kasih tau rekomendasi minuman wajib dicoba di solo. Meskipun begitu, teman saya ini maunya nyobain minuman khas solo yang memang jarang dia coba yang ada di Jakarta. Saya lumayan putar otak untuk bisa menemukan minuman yang diminta teman saya. Karena, sebagian besar, minuman jadul memang sudah jarang penjualnya. Kalaupun ada, hanya tinggal beberapa penjual yang berjualan di lokasi tertentu.

Setelah menimbang-nimbang, akhirnya Saya putuskan untuk memberikan daftar list yang ada. Reaksi teman saya setuju donk! Dia sudah ingin datang ke Solo.

Jika kalian ingin berkunjung ke Solo, bisa banget mencoba mencicipi cita rasa minuman wajib dicoba di solo berikut ini :

Cari : jajanan khas solo wajib dicoba

minuman khas solo
pexels

 

MINUMAN WAJIB DICOBA DI SOLO

1. GEMPOL PLERET

Lucu dan unik bukan nama minuman khas solo satu ini ? Buat kalian yang takut menggendut karena mencoba makanan khas di daerah saat berlibur, gempol pleret ini adalah minuman wajib dicoba di solo. Rasa tawar yang dihasilkan dari air santan alami tanpa pemanis dan isinya ada tepung terigu berbentuk bulat. Biasanya dijual disekitar area pasar gede. Apalagi kalau dinikmati saat cuaca panas. Sedap!

2. TAHOK

Bisa dibilang ini minuman, tapi bisa dibilang ini adalah camilan. Kenapa ? Tahok satu ini terbuat dari kembang tahu. Jadi kalau mau menikmati, langsung slurrrrppp. Bentuknya yang hampir sama dengan jelly, dengan rasa khas jahe dan gula jawa. Minuman satu ini memang sudah langka dan jarang ditemukan. Kecuali jika kalian membelinya di pintu masuk pasar gede.

3. DAWET AYU

Pasti tidak asing lagi dengan minuman dawet ayu. Dawet satu ini terbuat dari kuah gula jawa. Mempunyai aneka jenis isian yang bervarian. Ada jenang (bubur) putih, selasih, ketan. cendol irisan buah nangka dan pastinya es batu untuk menambah kesegaran dawet satu ini.

Cari : makanan wajib dicoba di solo

4. WEDANG RONDE

Minuman yang terbuat dari jahe, memiliki variasi isi yang bermacam-macam seperti ronde (hampir mirip dengan kue moci namun tidak dibalut tepung), kacang tanah dan kolang kaling. Biasanya berjualan pada malam hari. Paling nikmat menikmati wedang ronde itu, saat turun hujan. Karena hangatnya air jahe mampu menghangatkan tubuh disaat cuaca sedang dingin.

5. ASLE

Asing dengan nama ini ? buat kalian yang sedang mencari wedang ronde, saya sarankan juga untuk menikmati minuman asle. Kenapa ? karena asle selalu dijual berdampingan dengan wedang ronde. Kuahnya yang dari air santan alami dengan isian roti tawar, ketan putih dan gula pasir, mampu menjadikan minuman pelengkap saat menikmati salah satu minuman wajib dicoba di solo.

6. WEDANG UWUH

Disaat maraknya penyakit covid-19 saat ini, wedang uwuh menjadi andalan buat penambah imun perorangan. Minuman yang terdiri dari rempah-rempah yang dicampur jadi satu makin nikmat jika dicampur dengan gula batu

7. WEDANG CEMOE

Ada yang asing dengan nama minuman satu ini ? Saya dulunya juga asing banget dengan nama wedang cemoe, karena wedang ini sudah hampir langka dan hanya orang-orang jaman dahulu bisa mengenalinya. Isinya hapir sama dengan wedang ronde. Hanya saja, tinggal ditambah dengan roti tawar.

minuman khas solo wajib dicoba
pexels

Itu dia, daftar list rekomendasi minuman di kota solo yang wajib dinikmati yang saya sarankan kepada teman saya.

Jadi, sudah ada rencana belum setelah pandemi ini berakir untuk berkunjung ke kota Solo ? pastinya untuk menikmati minuman wajib dicoba di solo, donk ?