Kado untuk bayi baru lahir yang bermanfaat

Kado untuk bayi baru lahir yang bermanfaat

Akhir-akhir ini banyak banget sebetulnya di request oleh teman-teman untuk memberikan informasi kado untuk bayi baru lahir yang bermanfaat. Karena, dari beberapa teman senior yang “sudah lupa” soal perlengkapan bayi yang dibutuhkan, mereka meminta saran Saya. Alasannya sih sederhana, karena saya baru saja melahirkan, jadi pasti tau perlengkapan bayi apa yang dibutuhkan daripada membeli kado tapi ternyata nggak digunakan. Sayang yang patungan katanya, hahaha. Lain halnya dengan teman-teman junior Saya, yang memberikan kado atas dasar “lucu” dan mengikut jenis kelamin si bayi.

Dari pengalaman Saya dan beberapa teman dekat yang kebetulan lagi lahiran bareng, barang yang sebenarnya kita butuhkan banyak. Saking banyaknya, mau Saya bagi dalam tiga kategori. Ini juga bermanfaat untuk kalian yang sedang bingung mencari rekomendasi kado bayi.

Kategori kado untuk bayi baru lahir :

  • Prioritas

  • Semi Multifungsi 

  • Tidak dibutuhkan

Mungkin, bisa saja kalian berniatan memberi kado untuk bayi baru lahir dengan menanyakan pramuniaga yang malah membingungkan pilihan kalian sendiri karena yang ditawarkan menurut kalian berguna, padahal, beberapa pramuniaga menawarkan karena mereka ada target penjual beberapa barang tertentu.

Seolah-olah biar nggak tersesat ke toko bayi (terutama para lelaki) banyak orang-orang yang membeli kado dengan online. Sukur kalau barang yang datang masih dalam keadaan kondisi bagus, kalau tidak, repot kan ?

Nah, untuk mengantisipasi hal yang tidak di duga-duga, Saya kasih saran untuk membelikan kado yang sekiranya bisa dipikir ulang soal manfaatnya buat penerima kado. Kalau manfaat buat pemberi kado, disesuaikan dengan keadaan kantong masing-masing, ya! Jangan sampai malah menuruti keinginan, malah kalap dan membeli barang-barang diluar prediksi.

Sebelum membeli, pahami betul-betul barang yang akan dibeli. Bisa juga mencontek tips dari Saya dibawah ini untuk membeli perlengkapan kado untuk bayi baru lahir.

Kado untuk bayi baru lahir yang sangat dibutuhkan (Priotitas) :

SABUN CUCI BAJU

Dari semua teman-teman yang mengkado untuk bayi kemarin, hanya ada satu orang yang memberi kado sabun cuci baju. Padahal, kalau masih punya bayi baru lahir, mencuci baju, popok kain adalah hal paling utama daripada yang lain. Apalagi bayi baru lahir masih sering buang air kecil dan buang air besar. Otomatis, cucian tidak ada habisnya setiap hari dalam tiga bulan diawal. Ini kado paling utama menurut saya yang sangat dibutuhkan setiap harinya

SABUN CUCI PERALATAN BAYI

Buat ibu baru dan ibu bekerja, sabun cuci peralatan bayi sangat dibutuhkan sekali. Fungsinya untuk mencuci peralatan bayi seperti peralatan botol susu dan steamer. Untuk jangka panjangnya bisa digunakan mencuci perlatan mpasi, mainan dan teether

Tips membeli sabun cuci peralatan bayi

KAPAS

Kapas disini bukan untuk mengangkat kotoran makeup. Tapi yang diangkat kotoran anak bayi. Banyak sekali para ibu baru membutuhkan kapas. Saya saja dulu dalam waktu satu bulan bisa menghabiskan delapan pack kapas. Selain untuk membersihkan kotoran, kapas biasanya saya gunakan untuk menghilangkan kulit kering bayi yang dioleskan dengan minyak zaitun

kado untuk bayi baru lahir tisu amalia
pexels

TISU BASAH DAN TISU KERING

Ini barang yang sangat wajib buat dimiliki para orangtua yang memiliki bayi baru lahir. Mau dalam keadaan apapun, tisu memang hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan perbayian. Tisu kering dan tisu basah diawal satu bulan bayi baru lahir biasanya sering Saya gunakan hanya untuk keperluan membersihkan kotoran bayi. Setelah bayi memasuki masa-masa tiga bulan yang semakin bertambah fungsinya tisu untuk membasuh air liur dan asi yang berceceran di muka, menjadikan tisu adalah barang wajib. Apalagi ketika bayi memasuki usia enam bulan masa mpasi dimulai, akan sangat membutuhkan sekali tisu setiap saat, kapanpun dan dimanapun.

PERLENGKAPAN MANDI

Kalau yang satu ini tidak usah ditanya lagi. Dari sekian jumlah kado, yang paling banyak memang jatuh pada perlengkapan mandi. Mulai dari paketan sabun-shampoo-lotion-handuk-washlap. Selain mudah dicari di setiap toko, perlengkapan mandi bayi juga biasanya dibundle dengan bingkisan menarik. Jadi, kita tidak perlu repot untuk membungkus kado. Hemat waktu bukan ?

Tips mandi parfum mewah 

POPOK BAYI SEKALI PAKAI

Dijaman sekarang, siapa sih yang nggak pakai popok bayi ? Pasti ada yang pakai. Semakin modernnya zaman, semakin banyak kepraktisan dan kemudahan yang ditawarkan untuk para ibu baru. Popok bayi menjadi alat perang utama untuk anak bayi yang sangat sering pipis setiap waktu. Apalagi untuk bayi yang sering diajak bepergian. Mau nggak mau, popok bayi satu ini, masih jadi andalan utama para ibu.

BAJU MENYUSUI

Sebaiknya, memberikan kado untuk bayi baru lahir bisa disarankan memberi kado untuk ibunya. Untuk sebagian orang yang sangat mendukung ASI, saya sarankan memberikan kado baju ibu menyusui sebelum kelahiran si bayi. Karena bisa bermanfaat untuk ibu yang harus menyusui pasca melahirkan. Apalagi jika si ibu memiliki banyak sekali kolega yang akan membesuknya setelah melahirkan. Seringnya, banyak para ibu yang kebingungan outfit untuk dipakai tapi masih terlihat sopan meskipun harus menyusui. Jadi, berikan kado yang baju ibu menyusui yang bagus, supaya orang yang pasca melahirkan tidak hanya menggunakan daster.

Kado untuk bayi baru lahir yang sangat tidak dibutuhkan lama ( Semi Multifungsi ) :

PERLENGKAPAN TIDUR BAYI

Terbilang mewah dan high class jika memberikan kado untuk bayi baru lahir. Sayangnya, barang satu ini hanya dibutuhkan untuk bayi sampai umur tiga bulan saja. Sangat disayangkan sebenarnya. Apalagi bahan seperti kasur, bantal, guling sangatlah empuk. Tapi, setelah bayi mulai berputar tidurnya ( memasuki bulan ke empat ), perlengkapan tidur, sudah tidak diperlukan. Hanya bantal atau guling saja. Itupun kalau bayinya masih mau. Kalau tidak, hanya akan menumpuk di gudang.

KELAMBU

Manfaat kelambu memang untuk melindungi anak bayi supaya tidak digigit nyamuk. Tapi, tahukah, bahwa kelambu hanya bisa digunakan untuk tiga bulan saja. Setelah anak bayi tidur berputar, kelambu tidak ada manfaatnya. Kecuali jika besar kelambu sebesar tempat tidur.

KAIN BEDONG

Banyak yang terkecoh dengan bedong. Saat ini, bedong tidak direkomendasikan oleh beberapa dokter spesialis anak. Alasannya karena tulang bayi masih rawan, sehingga dengan teknik membedong akan membuat tulang kaki dan tangan bayi terpaksa lurus. Seharusnya, bayi dibiarkan apa adanya tanpa bedong. Tapi, buat Saya pribadi, kain bedong hanya bermanfaat hingga usia dua bulan saja supaya mudah digendong pada saat menyusui. Selebihnya ? Sudah tersimpan rapi di dalam box storage baby.

BOUNCER

Untungnya, Saya dulu tidak jadi tergoda untuk membeli baby bouncer. Selain harganya yang lumayan, bouncer sendiri hanya digunakan sampai usia empat bulan saja. Karena anak Saya di usia mendekati lima bulan, sudah ingin posisi duduk, tidak mau diposisikan dengan tiduran. Jadi, kado baby bouncerpun sekarang sudah nangkring masuk lagi ke dalam kardusnya.

BABY BATHER

Sejujurnya, baby bather ini, sangat bermanfaat untuk memandikan bayi yang masih anteng dan belum duduk tegap sendiri. Kenapa ? Karena setelah anak bayi bisa duduk dengan sendirinya, baby bather hanyalah tinggal kenangan. Karena si bayi sudah bisa dimandikan didalam ember. Kalau saja masih dipaksa menggunakan baby bather, anak bayi sudah bisa keluar dari tempat baby bather.

JARIK ( KAIN GENDONG )

Jadi, pas saya buka kado dari sekian banyak, ternyata ada satu kado yang sangat tradisional. Yaitu kain jarik gendong. Motifnya batik. Disitu pas saya buka, langsung bilang “yaaahhh, aku nggak bisa gendong pakai jarik”. Saat itu juga, ibu saya langsung menimpali dengan kalimat “loh, malah harusnya seneng dong. Berfungsi gendong anak sampai dewasa ntar”. Nyatanya sampai sekarang, saya kalau gendong anak nggak pernah pakai apa-apa. Selain ribet dengan tekniknya, Saya selalu pegal setelah menggendong anak. Jadi, jarik gendongan memang tidak disarankan. Kecuali jika memiliki baby sitter yang sudah terampil menggendong.

PERLENGKAPAN BAJU BAYI

Baju, sepatu, kaos kaki, celana, duhh masih banyak barang unyu-unyu lainnya saat kita mengunjungi toko bayi. Namun tahukah kalian? Bahwa pertumbuhan badan seorang bayi tidak tentu. Jadi, anak bayi yang berumur tiga bulan, belum tentu pakaiannya akan sama dengan tiga bulan. Seperti anak Saya misalnya, saat bayi berumur empat bulan, memakainya baju usia satu tahun. Bayangkan!

Tips berpakaian seperti model

kado untuk bayi baru lahir boneka amalia
pexels

MAINAN ANAK, TEETHER

Jika bingung mau memberikan kado untuk bayi baru lahir, mainan dan teether memang sangat disarankan. Tapi untuk manfaat jangka panjang memang tidak ada. Anak bayi lebih cenderung bosan hanya dengan satu permainan yang itu-itu saja. Begitu juga dengan teether, setelah tumbuh gigi lebih banyak, teether hanya akan jadi pajangan mainan.

Kado untuk bayi baru lahir yang tidak dibutuhkan:

BEDAK BAYI

Di zaman sekarang, bedak bayi memang tidak disarankan oleh tenaga medis. Karena, bentuk powder dari bedak bayi bisa mengakibatkan rusaknya sistem pernafasan jika terhirup oleh bayi. Bahkan, di beberapa kasus negara maju, bedak bayi pernah menyebabkan kerusakan organ intim pada bayi, dikarenakan orang tua selalu memberikan bedak pada area sekitar organ intim. Alih-alih supaya bisa kering dan tidak bau, malah jadi petaka.

BONEKA

Imut, lucu, menggemaskan. Ya! kalau bukan boneka apalagi ? Beberapa dokter juga menyarankan untuk tidak memberikan bayi dengan mainan boneka, apalagi boneka yang terbuat dari bahan berbulu halus. Debu yang menempel pada bulu halus boneka, bisa menyebabkan gangguan saluran pernafasan jika terhirup oleh bayi. Memang dampaknya tidak terlihat dalam waktu dekat, namun bisa dilihat dalam jangka panjang.

Itu dia beberapa rekomendasi kado untuk bayi baru lahir. Kalian bisa memilah mana yang terbaik buat rekan kalian.

Jadi, apakah ada salah satu daftar diatas yang masuk dalam list kalian ?