Oleh – oleh khas solo yang wajib di beli

Oleh – oleh khas solo yang wajib di beli

Membeli oleh – oleh adalah hukum wajib buat kita yang sedang berpergin keluar kota, apalagi saat kita mengunjungi kota solo yang terkenal dengan oleh – oleh khas solo dengan ciri khas tersendiri. Ini menjadikan agenda wajib untuk dimasukan ke daftar list.

Banyak sekali kenikmatan kuliner di kota Solo yang bisa kita rasakan di tempat spesial seperti hik (angkringan), sudut kota maupun tempat-tempat kuliner yang ada di kota solo.

Beberapa orang yang biasanya baru pertama kali mengunjungi kota solo, sering menanyakan makanan khas kota solo yang bisa dinikmati apa saja ? Kalian bisa membacanya di kuliner kota solo yang harus dicoba.

Selain itu, biasanya akan mencari-cari minuman khas solo yang bisa dinikmati.

Tak perlu bingung, kali ini, saya ingin memberitahu oleh – oleh yang bisa kalian bawa pulang dan wajib dibeli saat bertandang ke kota solo.

oleh - oleh khas solo lya amalia h
pexels

OLEH-OLEH KHAS SOLO WAJIB DIBELI

1. INTIP

Manis, gurih, renyah. Siapa yang tak suka dengan makanan dengan rasa seperti ini. Semua pasti suka. Apalagi makanan ini bisa dijadikan peneman saat menikmati nasi sebagai pengganti kerupuk. Intip ini terbuat dari nasi yang dijemur untuk dikeringkan, kemudian digoreng dan setelah ditiriskan, intip siap dihiasi dengan topping gula jawa. Kalian cuma merogoh kocek minimal lima belas ribu rupiah untuk mendapatkan intip ini. Ukurannya ? Besar dan tebal.

2. USUS GORENG

Buat para pecinta jeroan (organ dalam hewan), pasti suka banget sama yang namanya usus. Usus goreng ini memiliki rasa asin dan renyah. Saya paling suka sama oleh – oleh khas solo satu ini. Selain bisa sebagai camilan, usus goreng bisa dijadikan sebagai teman lauk sebagai pengganti protein dan lemak. Hmmm… penasaran bukan?

3. ABON

Pasti semua sudah tau apa itu abon. Yap! Makanan khas satu ini sudah dilirik oleh wisatawan mancanegara untuk dijadikan teman makanan saat traveling. Nikmatnya daging sapi yang diolah dengan cara dikeringkan ini, mampu membuat penggemar abon jatuh cinta.

4. SERABI

Oleh – oleh khas solo satu ini pasti sudah familiar di telinga kalian. Terbuat dari santan yang dimasak di wajan mini, mampu membuat cita rasa yang berbeda. Gurih dan pastinya sangat enak dinikmati saat panas

5. KULIT CEKER GORENG

Buat pecinta kulit dan ingin menikmati dimanapun berada untuk camilan, mencoba kulit ceker goreng adalah wajib. Rasa kulit ceker yang renyah dan asin gurih ini, mampu membuat makanan khas solo satu ini menjadikan makanan favorit untuk menemani makan sebagai lauk.

6. BALUNG KETHEK

Suka singkong ? Kalian jika datang ke kota solo, wajib mencoba cemilan balung kethek ini. Singkong yang dikeringkan dan digoreng ini, dulunya hanya memiliki satu varian rasa, rasa asin. Tapi, makin berkembangnya, balung kethek ini sudah mempunya berbagai rasa. Ada pedas, manis, barbeque. Paling sering ditemukan di hik (angkringan). Biasanya dijual minimal seharga dua ribu rupiah.

7. ROTI KECIK

Paling suka dan ngefans berat sama roti kecik. Cemilan yang menggunakan resep jadul ini, menjadikan cita rasa tersendiri buat penikmatnya. Roti kecik ini sendiri hanya bisa dibeli di satu tempat saja karena hanya satu penjualnya yang masih berdiri hingga sekarang.

oleh - oleh khas solo lya amalia
pexels

8. KARAK

Yang masih nggak tau karak, kalian wajib dan harus mencobanya. Karak ini terbuat dari nasi yang dikeringkan atau dijemur dibawah terik matahari. Karak sendiri bisa dijadikan sebagai pengganti kerupuk. Soal rasa ? Karak mempunyai rasa gurih. Namun sekarang, banyak sekali modifikasi rasa pada karak. Ada yang rasa bawang, rasa pedas, rasa manis dan rasa yang lainnya.

9. SRUNDENG

Pernah makan nasi tumpeng solo ? Jika pernah, kalian pasti pernah menemukan parutan kelapa yang digoreng berwarna coklat. Itu namanya srundeng. Srundeng ini, bisa dijadikan sebagai oleh – oleh khas solo. Bisa dinikmati sebagai penambah lauk saat makan nasi. Rasanya ? Gurih.

Banyak sekali bukan, oleh – oleh yang bisa kalian beli saat mengunjungi kota solo ?

Selain banyak variasinya, harga yang dijual tidaklah mahal. Sangat ramah dikantong.

Jadi, sudah pilih apa kalian untuk bisa menikmati oleh – oleh khas solo ?

Baca juga : coklat krakakoa