Kunci sukses menjadi wirausaha muda

Kunci sukses menjadi wirausaha muda

Saya pernah memiliki bisnis kecil-kecilan yang dimulai saat masih duduk di bangku kuliah, saat itu usia saya masih sembilan belas tahun. Bisnis yang saya geluti adalah membuat aksesoris seperti gelang dan kalung. Mungkin karena kurang adanya rencana yang matang untuk kedepan, bisnis yang saya kelola akhirnya berhenti begitu saja. Beruntungnya, Saya diberikan kesempatan untuk dipertemukan dengan seorang wanita pengusaha muda yang memiliki kunci sukses menjadi wirausaha yaitu Futri Zulya, S.Mn, M.Bus yang menjadi pembicara di acara Blogger Woman Talk.

Kemarin, saat hari Kamis, 20 September 2018 bertempat di kediaman rumah sekaligus kantor PT. Batin Medika Indonesia daerah Kemang, Jakarta Selatan. Acara yang diselenggarakan ini dibuka oleh Ani Berta kemudian menghadirkan sosok Futri Zulya yang mampu mengubah atmosfir suasana di acara menjadi lebih bersemangat.

Kunci sukses menjadi wirausaha ala FUTRI ZULYA :

Sampai usiamu 30, buatlah kesalahan sebanyak mungkin. Jangan ragu-ragu untuk mencoba hal-hal baru” begitulah ungkapan Jack Ma yang dikutip oleh Futri Zulya. Beliau setelah lulus dari kuliah, mengawali karirnya di perusahaan multi nasional, dengan gaji yang tetap, posisi aman dan pada saat penawaran posisi untuk kenaikan jabatan, beliau rela mengundurkan diri.

Memutuskan untuk resign dari sebuah jabatan tinggi di perusahaan multi nasional memang tidak mudah. Namun, karena tekat yang kuat dari dalam diri, ia mampu memulai usaha dari nol dengan mengembangkan kembali bisnis peralatan memasak Ayahnya, yang sudah tidak terurus lagi. Dengan modal kecil-kecilan yang dimiliki, lambat laun bisnisnya membuahkan hasil yang nampak. Beliau juga mulai mengembangkan bisnis yang berawal dari kebutuhan para wanita, seperti bisnis kecantikan yang kini kita kenal dengan Zglow.

Setelah selesai menyelesaikan sekolah D3 di bidang montessori, beliau juga mendirikan Kids School Republic. Tak ketinggalan, bisnis di bidang fashion juga digelutinya. Ide yang berawal dari kesukaan mengenakan abaya, beliau mampu membuat lini dengan merk illiyyuna abaya. Menariknya lagi, di lantai 2 kantornya, terdapat studio foto yang bisa digunakan oleh peserta yang kesulitan untuk mencari tempat studio. Tak hanya mampu mengelola bisnis, beliau juga mampu membantu orang di sekitarnya dengan memberikan lapangan pekerjaan. Konsep bisnis yang dijalankan, rata-rata secara online. Karena, diera yang sekarang ini, orang cenderung lebih lama menggunakan gadget untuk berkegiatan.

Baca juga : kredit modal usaha kota bekasi

Tips kunci sukses menjadi wirausaha :

Carilah bos yang mampu membimbing kita ketika ilmunya mampu diaplikasikan saat menjadi pengusaha” pesan yang diberikan oleh Futri Zulya mampu membuat kita berfikir bahwa bos yang seharusnya kita miliki adalah bos yang mampu membantu kita dalam mengembangkan bisnis.

Bicara soal kunci sukses menjadi wirausaha, Futri Zulya mengungkapan ada beberapa poin penting yang seharusnya dilakukan terlebih dahulu hingga mencapai titik kesuksesan. Seperti :

Passion

Tanpa harus mengikuti trend yang hanya berjalan sesaat, bisnis yang diawali dengan passion akan lebih mudah dalam memulai segalanya. Diri kita pribadi akan lebih menikmati tanpa beban dalam menguasai bisnis.

Peran

Peran utama seorang wanita dalam bisnis acapkali sering diremehkan karena akan mengurangi perhatiannya dalam mengurus kewajiban rumah tangga. Namun, Futri Zulya menepis semua itu. Ia memprioritaskan kewajibannya sebagai ibu untuk mengurusi segala keperluan buah hati dan suami kemudian setelah selesai, ia akan mengurus bisnisnya. Agar hal ini berjalan dengan seimbang, pastinya support system dari keluarga adalah tonggak utama dari kelancaran bisnis Fitri Zulya hingga saat ini. Beliau juga mengatakan bahwa bisnis yang baik adalah bisnis yang berkembang hingga pasar internasional bukan bisnis yang berjalan cepat namun akhirnya berhenti di tempat.

Planning & Research

Rencana dan penelitian yang matang, akan menjadikan bisnis lebih berkembang dan terinovasi. Futri Zulya selalu menekankan bahwa kita jangan hanya terpaku pada bisnis dengan model jadul tapi harus diiringi dengan bisnis mengikuti perkembangan zaman seperti penggunaan internet. Ini akan berdampak besar pada generasi muda yang lebih mengenal internet dan tentunya, akan memperbesar segmen pasar kita.

Modal

Kendala terbesar seseorang untuk memulai usahanya selalu bermula dari modal. Padahal, modal yang kecilpun kita bisa menjalankan sebuah usaha asalkan, kita pantau dengan teliti. Adapun cara memperoleh modal untuk usaha kita sangatlah mudah. Sumbernya bisa berasal dari :

Baca juga : produk asuransi astra

  1. Tabungan pribadi

  2. Menjual aset pribadi

  3. Pegadaian

  4. Networking

  5. Meminjam uang dari rekan atau saudara dekat

  6. Kerjasama dalam menjalankan bisnis

Eksekusi

Bisnis dengan perencaan yang matang akan lebih menguntungkan apabila kita langsung mengeksekusi. Tanpa eksekusi, bisnis kita hanyalah sekadar tulisan atau bayangan saja. Kita jangan merasa takut terlebih dahulu untuk memulai sebuah usaha, karena tanpa memulai, kita tidak akan pernah tahu seberapa jauh bisnis kita akan berjalan.

Market

Mengikuti pasar yang sedang trend saat ini memang sah-sah saja. Namun, kita juga harus berfikir kedepan untuk bisnis yang telah kita bangun. Apakah hanya berbisnis sesaat karena mengikuti trend pasar ? ataukah bisnis yang sederhana namun sering dicari oleh orang sampai kapanpun tanpa ada batasnya ? hal itu yang sering orang tidak perhatikan. Meskipun kita memiliki bisnis yang hampir sama dengan beberapa pelaku bisnis, janganlah kita merasa takut. Kita harus mampu berinovasi dalam hal persaingan pasar. Inovasi yang mampu mengembangkan bisnis kita agar tidak tergerus oleh zaman.

Cash Flow

Kesalahan yang sering dilakukan untuk pebisnis pemula adalah tidak memisahkan rekening penghasilan dari bisnis dengan rekening untuk kegunaan sehari-hari. Hal ini akan merusak kesehatan keuangan dalam hal berbisnis dan rumah tangga. Agar kita terhindar dari hal itu, maka sebaiknya kita membuat dua rekening yang berbeda agar kita bisa melihat alur keuangan dalam hal berbisnis maupun rumah tangga.

Berbisnis memanglah tidak sulit, yang sulit hanyalah diri kita yang sering membentengi dengan rentetan pertanyaan kekawatiran. Akankah akan berhasil atau tidak. Kunci sukses menjadi wirausaha sebenarnya sangatlah sederhana, asalkan kita memiliki tekat yang kuat untuk berusaha menjual barang kita, hasil yang kita dapat akan sesuai dengan apa yang telah kita usahakan.

Proses pembelajaran yang baik dari seorang womenpreuner seperti Futri Zulya memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Beliau harus menjalani pembelajaran rugi, ditipu orang bahkan mengalami kondisi down untuk tidak ingin memegang usahanya. Namun, semuanya kembali pada diri kita sendiri. Bagaimana cara kita untuk bisa mengelola pahitnya proses pembelajaran tersebut untuk menjadi lebih baik kedepannya.

Baca juga : cara mengatur keuangan rumah tangga

kunci sukses menjadi wirausaha