Cara meningkatkan penjualan toko di era digital

Cara meningkatkan penjualan toko di era digital

Cara meningkatkan penjualan toko di era digital saat ini, sedang diminati hampir delapan puluh persen orang di dunia. Bagaimana tidak ? semenjak adanya pandemi yang melanda di tahun 2020, sejumlah aktivitas orang-orang dilakukan secara di rumah. Mau nggak mau, jalan satu-satunya tentu memanfaatkan sumber daya digital. Mulai dari sosial media, market place hingga website digempur semua oleh orang-orang yang baru terjun.

Awalnya, hampir sebagian orang berkata “apa=apa kok harus digital, manual kan bisa”. Karena pandemi, akhirnya “terpaksa” juga melirik tentang digital. Mulai dari jual beli barang tersier hingga barang pokokpun ada. Semua bisa diatasi dengan adanya perkembangan digital sekarang ini.

Tapi, kalau dihitung secara matematik, dengan adanya perkembangan kehidupan di era digital, pasti mempunyai aspek kelebihan dan kekurangan tersendiri . Kelebihannya bisa dilihat dari segi efisiense waktu dan tenaga. Kekurangannya, banyak penipuan yang tidak bisa dikatakan sedikit.

Nah, maka dari itu, kita harus bisa jeli dalam melakukan cara meningkatkan penjualan toko di era digital saat ini. Seperti ;

Cara meningkatkan penjualan toko di era digital :

Fokus dan Action

Fokus kepada peningkatan branding untuk mempromosikan dalam bentuk digital, memang harus mengumpulkan banyak sekali informasi yang mengarah kepada digital marketing. Melakukan sharing, bertanya kepada yang lebih ahli, adalah kunci utama untuk menjadikan brand kita lebih jelas dimata konsumen. Ujungnya, kita tetap harus fokus untuk tetap menjalankan konsistensi terhadap sebuah brand.

Baca juga : perbedaan antara blogspot dan wordpress

Rekrut tenaga ahli

Sebagai orang baru yang sedang terjun di dunia digital marketing, pastinya akan sangat sulit untuk mengetahui apa itu Search Engine Optimation (SEO), Google Analytics dan masih banyak jenisnya untuk membuat cara meningkatkan penjualan toko. Jika kalian memang tidak mengerti betul, lebih baik merekrut tenaga ahli yang mahir di bidangnya. Selain membatun menaikan target penjualan, hal ini akan lebih memudahkan kita sebagai pemilik untuk mengetahui grafik target market brand kita. Supaya kita juga bisa lebih fokus terhadap hal yang lain.

Sosial media

Siapa yang tak kenal dengan sosial media untuk saat ini ? Memanfaatkan sosial media untuk melakukan promosi bisnis adalah salah satu kunci utama yang tepat. Selain mempromosikan bisnis di sosial media secara gratis, kalian bisa membuat foto yang menarik dan caption unik untuk menarik costumer. Selain itu, berbisnis di sosial media lebih mudah ditemukan hanya dengan mengetikan kata yang di inginkan di kolom pencarian. Semudah itu bukan ?

Baca juga : alasan tidak tertarik membaca blog yang kamu tulis

Membuat website

cara meningkatkan penjualan toko yang paling penting untuk saat ini adalah pembuatan website. Jaman sekarang, memasarkan sebuah produk melalui website sangatlah penting dengan memodifikasi mulai dari foto produk, informasi produk, harga, transaksi pembayaran, hingga pemilihan jasa pengiriman. Menambahkan beberapa artikel atau review yang baik dan mengkoneksikan ke brand kita dalam website dapat membuat kepercayaan kuat kepada costumer yang berguna mengumpulkan komentar baik atau komplain untuk melihat perkembangan bisnis.

Personal branding

Personal branding sendiri bisa dilakukan dengan sederhana yaitu melakukan promosi di sosial media maupun status chat whatsapp, line, dll yang bisa kalian kreasikan sendiri. Menggunakan brand yang kita miliki bisa menimbulkan kebanggan terhadap brand yang diciptakan. Hal tersebut mampu menarik perhatian orang terdekat kita untuk meningkatkan grafik penjualan. Trik tersebut, adalah cara meningkatkan penjualan toko secara sederhana. Jadi, meningkatkan awareness itu sendiri bisa dimulai dari diri sendiri sebagai pemilik brand.

Endorsment

Melakukan strategi pemasaran yang sederhana adalah menggunakan endorsment. Dengan menggaet selebriti, influencer atau youtuber ternama, dapat menambah peningkatan penjualan terhadap brand kita sendiri. Sayangnya, meskipun memiliki kekurangan dari segi harga yang mahal, kalian bisa menyiasati dengan melakukan endorsment lokal di beberapa daerah yang memiliki influencer paling baik. Sehingga, selain kita bisa menargetkan pemasaran dengan orang secara digital melalui platform sosial media, kita juga bisa melakukan cara meningkatkan penjualan toko di beberapa area daerah tertentu. Menarik bukan ?

Giveaway

Terakhir, jika kalian merasa produk kalian memiliki masa expired dalam waktu dekat, salah satu cara untuk memperkenalkan brand dan melakukan peningkatan penjualan bisa dengan giveaway. Karena, dengan mengadakan giveaway, orang akan tertarik untuk mempromosikan brand kita secara langsung. Hal ini, bisa menjadi langkah sederhana untuk memperkenalkan brand secara gratis kepada masyarakat umum.

Jika beberapa tips diatas masih belum bisa juga meningkatkan penjualan toko kalian secara online, kalian mungkin harus lebih giat untuk membuat konten yang menarik supaya orang tidak hanya membeli produk kalian, tapi juga mendapatkan info atau tips bermanfaat dalam jangka panjang. Sehingga, akan selalu ada “review” dari mulut ke mulut setiap pelanggan yang sudah memakainya yang akan menambah power tersendiri dari penjualan kalian.

So, masih bingung nggak cara meningkatkan penjualan toko kalian secara digital ?

Baca juga : mengetahui perkembangan teknologi di era digital