health

Peningkatan kasus covid-19, adakah solusinya ?

Belakangan ini, melihat berita dimana-mana semakin meresahkan dengan adanya peningkatan kasus covid-19. Semakin hari, jumlah kasus bukannya malah berkurang akan tetapi semakin bertambah. Padahal, dulu waktu awal pandemi, meskipun sudah melakukan stay at home saja, masih saja kasusnya bertambah. Apalagi sekarang ini, era new normal. Sudah nggak bisa dibayangkan lagi betapa banyaknya yang bertambah tiap menit.

Untuk saat ini, hal yang paling diharapkan dan diutamakan adalah kesehatan. Sebelum adanya pandemi, kesehatan selalu diacuhkan, seperti saat flu menyerang. Sekarang, meskipun cuma bersin sekali saja, rasa was-was dan kepikiran jadi momok tersendiri. Ketakutan akan terkena gejala covid-19 pun dirasakan oleh sebagian orang. Tak heran, jika banyak orang berdoa agar peningkatan kasus covid-19 segera menurun dan bahkan berlalu.

Halodoc, teman hidup sehat yang diandalkan

Menurut sumber informasi Halodoc, covid-19 bisa berkurang dengan adanya vaksin sinochem atau vaksin sinovac yang berasal dari Tiongkok. Meskipun masih dalam tahap uji klinis fase ke III dalam tahap uji oleh para sukarelawan, namun sudah bisa disebut sebagai uji klinis kritis tahap akhir. Dimana para ahli akan meneliti efek samping dari vaksin tersebut. Apakah ada hal yang terlewatkan pada penelitian sebelumnya, atau tidak.

vaksin sinovac

Dari hal tersebut, kita bisa memberikan dopping pada tubuh sendiri dengan cara olahraga secara teratur, mengkonsumsi vitamin dan sayuran atau buah-buahan lebih banyak dari sebelumnya. Hal yang paling sederhana dilakukan menurut Saya adalah mengkonsumsi vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Itu bisa saya dapatkan dengan mudah tanpa harus pergi ke apotik. Cukup mengunduh aplikasi halodoc di handphone saya untuk memesan vitamin yang saya inginkan.

Baca juga : tips menjaga kesehatan tubuh

Halodoc sendiri adalah aplikasi yang memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan kita maupun orang lain di masa pandemi saat ini. Halodoc sendiri memiliki fitur untuk berkonsultasi dengan dokter, cek Covid-19, pembelian obat dan pencarian lokasi rumah sakit yang terdekat.

Karena halodoc sendiri mudah digunakan di aplikasi android maupun iOS, membuat Saya jadi semakin senang saat memerlukan kebutuhan obat atau vitamin tanpa perlu jauh-jauh pergi ke apotik. Cukup dengan pilihan yang tersedia. Mudah bukan ?

Kelanjutan vaksin kedepan untuk covid-19

Sebelum adanya covid-19 saat ini, dulu pernah ada beberapa kasus penyakit yang tumbuh dengan cepat namun penangannya tidak selama ini. Dikarenakan, jaman dahulu jumlah populasi penduduk relatif lebih sedikit dibandingkan dengan saat ini. Hal ini juga sangat mempengaruhi bagaimana penelitian dan pendistribusian vaksin dari laboratorium uji hingga bisa sampai selesai ke masyarakat secara akurat.

Meskipun vaksin sinovac sudah berada pada tahap uji klinis fase ke III, namun yang paling di utamakan mendapat vaksin tersebut adalah orang-orang yang bekerja pada garda terdepan, seperti tenaga medis.

Isu yang beredar tentang nominal harga vaksin di kalangan masyarakat mulai muncul semenjak vaksin tiba di Indonesia, namun, mengutip dari laman Kemenkes, harga vaksin masih belum ada penetapannya dikarenakan vaksin masih dalam tahap uji klinis dan menunggu hasil dari BPOM bersama MUI dan Kemenag untuk dilihat data analisisnya bahwa vaksin tersebut telah aman dan bisa digunakan serta tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan. Setelah hal tersebut selesai, maka akan prosedur surat izin dan sertifikat kehalalan agar vaksin bisa didistribusikan dan diberikan kepada masyarakat.

Baca juga : corona ditengah masyarakat indonesia

uji klinis fase 3

Meskipun vaksin sudah mulai mendekati tahap akhir uji klinisnya dan kelak bisa menjadi antibodi di tubuh, namun hal tersebut masih dikategorikan pertahanan kedua. Karena pertahanan yang paling utama adalah menerapkan pola 3W mulai dari sekarang, seperti wajib memakai masker, wajib menjaga jarak dan wajib mencuci tangan agar dapat menekan angka peningkatan kasus covid-19.

Meskipun hal tersebut masih menjadi perasaan cemas dan gelisah saat ada orang terdekat terkena covid-19, namun sebaiknya kita tetap menjaga pertahanan diri kita sendiri untuk membuat sistem pertahanan tubuh alami, menerapkan pola 3W dan sering melakukan kegiatan olahraga. Tentunya dengan menerapkan pola hidup sehat.

Baca juga : menjaga daya tahan tubuh balita